Yamaha Endurace Festival 2019 Sentul : Mekanik Leon Chandra Bicara Set-up Balap Ketahanan

BeritaBalap.com-Menjadi pertanyaan menarik sehubungan bagaimana set-up motor dalam balap ketahanan selama 2 jam. Dalam hal ini sehubungan event Yamaha Endurance Festival 2019 di Sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan ini (14-15 September).

Oh ya, ini kompetisi yang sudah masuk dalam tahun ke-2 penyelenggaraan. Mantapnya, hanya pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang berani menghadirkan kompetisi ini.

BACA (JUGA) : Hasil Kualifikasi Yamaha Endurance Festival 2019 Sentul

Lebih lanjut, bagaimana dengan pengaturan motor balap ketahanan ini ? Apakah yang berbeda dengan balapan pada umumnya ? Maksudnya yang bukan ketahanan hingga 2 jam.

“Kalau set-up motor pada R25 sebetulnya hampir sama dengan saat balap biasa. Paling timing pengapian yang disetting ulang. Diturunkan untuk menghindari gejala overheat. Hanya memang ada strategi yang perlu diterapkan, “ujar Leon Chandra selaku mekanik Yamaha Yamalube Cargloss Racetech RRS IRC.

Strategi apa dong sehubungan set-up tersebut ? “Kalau untuk perubahan suspensi dari rider satu ke rider lainnya, saya kira cukup untuk waktu 1,5 menit. Jadi tidak ada problem, “ucap Koh Leon, sapaan akrab tuner yang di balap Asia (ARRC 2019) memback-up tim ONEXOX TKKR SAG asal Malaysia.

“Yang harus dikorbankan ialah perbandingan final gear. Untuk hal ini, harus ada yang dikorbankan. Misal antara Rey Ratukore dan M Faerozi, kita berpatokan pada Rey yang efektif pada angka 17-53. Kalau Faerozi harusnya 17-54, “tambah Leon Chandra. BB1

Facebook Comments

You May Also Like