Yamaha Ikuti Jejak Suzuki Pakai Dual Exhaust

BeritaBalap.com-Jika diperhatikan saat GP Misano lalu, ada sesuatu yang berbeda dengan M1 pacuan Rossi. Ya, bagian knalpot M1 tunggangan The Doctor menggunakan knalpot baru berjenis dua exhaust.

Tipikalnya mirip yang digunakan pada Suzuki, bermoncong 2 dan bergabung menjadi 1 pada bagian pipa. Dan itu diilhami oleh kemampuan Suzuki saat juara 1 yang mampu mengambil posisi Marquez di tikungan terakhir dengan mengandalkan rolling speed di tikungan.

Desain ini pula sama dengan yang digunakan di Moto2. “Seperti anda lihat sendiri, akselerasi dan top speed kami sekarang jauh lebih baik. Saya suka dengan karakternya,” jelas Valentino Rossi.

koizumi

Menurut data statistik memang kecepatan rata-rata Valentino Rossi lebih baik dibanding Maverick Vinales (Lihat tabel). Ini membuktikan jika power M1 lebih baik dengan dual exhaust yang digunakan oleh Rossi.

Tabel kecepatan rata antara Rossi dan Vinales

Karakter dual exhaust memang lebih linear disbanding single exhaust, pasalnya gas buang memang lebih cepat terbuang jika hanya mengandalkan satu exhaust. Terlebih lagi, dengan adanya kurva tenaga yang linear, spin pada roda belakang kini jauh lebih berkurang.

Yamaha hanya tinggal mengembangkan dual exhaust sesuai dengan karakter mesin M1 2019. Akankah dual exhaust digunakan pada GP Thailand? Kita tunggu saja. WIC

Facebook Comments

You May Also Like