Yamaha Kasih Masukan Dorna & FIM, Harga Motor Balap WSBK Harusnya Ada Batasan

BeritaBalap.com-Pihak Yamaha memberikan masukan kepada Dorna dan FIM sehubungan adanya aturan sehubungan harga dari motor yang dipakai dalam balap Superbike (WorldSBK). Konteks ini sebetulnya pernah diutarakan pada awal Maret oleh Andrea Dosoli soal Ducati Panigale V4R setelah menang di seri pertama dalam WorldSBK Phillip Island, Australia.

“Kami tidak terlibat dalam kejuaraan dunia Superbike untuk mengembangkan sepeda motor yang murni balap murni, kalau itu adalah balap MotoGP. Yamaha mengambil bagian dalam kejuaraan yang dekat dengan motor produksi massal untuk membangun sepeda motor sesuai dengan kebutuhan pasar dan konsumen akhir, “tukas Andrea Dosoli.

BACA (JUGA) : Manajer Tim Kawasaki Akui Ada Proyek Besar Motor Baru (2020), Lawan Dominasi Ducati V4R !

koizumi

Faktanya memang Ducati V4R dilepas 40 ribu Euro atau sekitar 630 juta-an di Pasar Eropa. Padahal ZX-10RR yang selama ini menguasai balap WorldSBK selama 4 tahun (2015-2018) cukup dengan 18 ribu Euro atau seputar Rp. 290 juta-an. Jadi tidak sampai setengahnya.

“Itu selalu menjadi tujuan dari balapan Superbike. Setidaknya dalam jangka pendek Yamaha tidak akan mempertimbangkan motor yang akan menelan biaya hinga sekitar 40.000 Euro. Mungkin kami akan menyarankan Dorna dan FIM, perlunya homologasi harga sebagai tambahan untuk aturan keseimbangan, “tambah Andrea Dosoli.

BACA (JUGA) : Kalah Melulu, Honda Sedang Bangun Motor “Ekstrim” Seperti Ducati V4R, Target WSBK 2020

Faktanya memang Kawasaki dan Honda diberitakan sedang mengembangkan motor baru untuk dapat bersaing dengan V4R. Boleh jadi Yamaha juga bisa mengupgrade perfoma R1M yang memang spesifikasinya berbeda jika dibanding R1 biasa. BB1

Klasemen Sementara WorldSBK 2019 :

 

Facebook Comments

You May Also Like