3 Fakta Menarik MotoGP Soal Pabrikan Motor Eropa Lebih Tokcer Dibanding Jepang

BeritaBalap.com-Ada 3 fakta yang menarik dicermati, yang menjelaskan bahwa saat ini pabrikan motor Eropa (Aprilia, Ducati dan KTM) sedang tokcer alias on fire alias oke-okenya dalam kompetisi MotoGP.  Maksudnya, jika dibandingkan tim pabrikan Jepang (Honda, Yamaha dan Suzuki).

BACA (JUGA) : Sindiran Keras Puig ! Sebut Walaupun Motor Eropa Dominan Tapi Yang Juara Dunia Jepang

Apa saja tiga fakta menarik tersebut ? Pertama, bahwa pembalap-pembalap asal pabrikan Eropa begitu dominan dalam klasemen sementara MotoGP musim ini. Paling tidak hingga seri ke-11 di Assen Belanda, Minggu kemarin (26 Juni).

koizumi

Hanya ada nama Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang terdepan di posisi pertama. Selebihnya hingga posisi 7 besar milik petarung-petarung kudabesi Eropa.

BACA (JUGA) : Lorenzo Jagokan Quartararo Raih Juara Dunia Dibanding Aleix Dan Pecco ?

Urutannya, mulai Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Johan Zarco (Pramac Racing Ducati), Franesco Bagnaia ‘Pecco’ (Ducati Lenovo), Enea Bastianini (Gresini Racing Ducati), Jack Miller (Ducti Lenovo) dan Brad Binder (Red Bull KTM Ajo). Kalau ke-8 nya baru kembali tim Jepang (Joan Mir, Suzuki Ecstar)

Fakta selanjutnya atau kedua, bahwa saat MotoGP Assen Belanda, Minggu lalu (26 Juni) adalah sejarah pertama sejak tahun 1969 dimana pabrikan Jepang tidak dapat menembus 5 besar. Yang terbaik di posisi ke-8 saja yang direbut Joan Mir (Suzuki Ecstar).

BACA (JUGA) : Dalam 4 Minggu, Marquez Sudah Jalani Latihan Fisik Ringan, Ini VIDEOnya

Sedangkan fakta menarik ketiga, bahwa starter MotoGP musim 2023 akan semakin didominasi motor-motor Eropa seiring cabutnya Suzuki dari balap MotoGP dan tim satelit WithU RNF yang pindah dari Yamaha ke Aprilia.

Jadi nantinya akan ada 16 pembalap dari pacuan-pacuan asal benua Eropa, sedangkan Jepang cukup diwakili 6 rider saja. Itu terdiri dari 4 pelaga Honda dan 2 lagi dari Yamaha. BB1

Hasil MotoGP Assen : 

Klasemen Sementara MotoGP :

 

Facebook Comments

You May Also Like