5 Hal Penting Yang Perlu Diketahui Soal Transportasi Logistik MotoGP

BeritaBalap.com-Mungkin para pencinta MotoGP belum tahu atau paham bagaimana persiapan perjalanan untuk mengangkut logistik MotoGP ataupun Moto2 dan Moto3 dari suatu sirkuit ke sirkuit lain.   Ini yang menarik dibahas dan diketahui. Dalam hal ini ada 5 hal penting yang perlu diketahui sebagai pengetahuan kita. Apa saja ?
1. Untuk seri balap Eropa, maka tim melakukan perjalanan dengan truk mereka sendiri. Jadi ada konvoi MotoGP yang terdiri dari 160 truk. IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional, red) menentukan lokasi truk dengan waktu 2 bulan sebelum kedatangan di trek dan kemudian mengirimkannya kepada tim.
2. Bagaimana dengan persiapan di lintasan ? Ini dimulai pada hari Senin. Lanjut pada Selasa sore, truk tim balap diberikan akses masuk ke paddock tim. Mereka membongkar isi truk dan mempersiapkan kebutuhan balap. Diklaim ada sekitar 2000 orang kru yang terlibat, termasuk pembalap, jurnalis dan karyawan Dorna. Biasanya untuk truk logistik tim Moto2 dan Moto3, baru masuk lintasan pada Rabu pagi.
3. Kemudian pada Rabu pagi, kru tim menyiapkan paddock tim, hospitality dan motor hingga hari Kamis. Oh ya, Kamis juga dikenal dengan ‘Hari Media’ dimana wartawan dapat mewawancarai pembalap sebelum mereka beraksi melakukan latihan bebas pada hari Jumat.
4.  Bagaimana dengan balapan di luar Benua Eropa ? Kalau ini disiapkan kontainer khusus yang mengangkut motor, sparepart motor dan peralatan pembalap. Ada 3 pesawat kargo yang mengangkut kontainer khusus tersebut dengan berat 320 ton. Jadi mengangkut semua kebutuhan MotoGP, Moto2 dan Moto3.

5. Pesawat mengangkut peralatan ke negara tempat acara balap berlangsung. Setelah mendarat, kargo segera dibawa ke trek balap dengan truk dimana ia diparkir dan ditinggalkan untuk dibongkar oleh tim. Setelah balapan, semuanya dimuat kembali ke dalam kontainer dan diangkut ke bandara sebelum diterbangkan dengan pesawat kargo ke balapan berikutnya atau pulang ke Eropa. BB1

Facebook Comments

You May Also Like