Ini Rahasia RX King by Jayadipa Motor Sport, Podium Runner-up Road Race Semarang

BeritaBalap.com-Di event FOBM Kota Semarang Road Race 2020, akhir pekan lalu (29-30 Agustus) terbukti jelas dan tegas hadir persaingan ketat di kelas Sport 2 Tak TU 140 cc. Ini salah satu kelas bergengsi. Ada kehormatan tersendiri jika meraih podium hingga 5 besar.

Menariknya kudapacu RX King garapan tim Jayadipa Motor Sport Semarang langsung merangsek masuk menempati podium runner up atau ke-2 lewat joki Tommy Richard Orlando.

Sekilas informasi saja, Jayadipa Motor Sport ini adalah tim yang kembali bangkit setelah sangat berjaya di era tahun 1990 hingga 2000-an. Saat itu memang sedang joyo-joyonya penjualan jamu hingga pemilik tim “edan” di dunia road race nasional.

koizumi
Mekanik Mantri Sanjaya from tim Jayadipa Motor Sport Semarang

Nah, si “Jambret” atau kreto RX King milik Yustinus Pamungkas alias Suep dipercayakan kepada Mantri Sanjaya selaku mekanik Jayadipa Motor Sport ini. Lebih lanjut, apa rahasia dari “Jambret” kelir oranges ini ?

BACA (JUGA) : Wow ! Jayadipa Motorsport Comeback, Spesialisasi 2 Tak, Siapkan Underbone 125 Cc Nova Dash

Dimulai dari perangkat karburator standar yang direamer menjadi 28 mm. Tentu saja, kondisi ini bertujuan untuk dapat lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar dan udara. Utamanya di RPM atas.

Oh ya, mengatasi panasnya Sirkuit Mijen, Semarang, Jawa Tengah diplot kombinasi main jet 220 dan pilot jet 35. Alhasil, aman terkendali. Maksudnya tidak ada gejala panas berlebihan yang bisa menghadirkan gejala knocking.

Bagaimana dengan port-exhaustnya ? Masih dirahasiakan tuner Mantri Sanjaya. Mungkin sekitar 24 mm ya ketika diukur dari bibir silinder.  Sementara itu, langkah kompresi disupport piston oversize 125.

Untuk gigi rasionya custom, ini racikan modifikasi dari tim Jayadipa dan berujung pada final gear 14-36. Mungkin pula, rasio 1 dan 2 nya bermain di kisaran 13-32 dan 17-29. “Sesuai karakter trek Mijen ini perbandingan kompresinya, saya turunkan jadi 7,2 : 1, “ujar Mantri Sanjaya yang bermarkas di Jl. Pleburan Semarang. You

Facebook Comments

You May Also Like