Ada Mekanik Konar Dibalik 8 Motor Tim RRS Cargloss di Balap Ketahanan YEF 2023 Mandalika

BeritaBalap.com-Balap ketahanan bertajuk Yamaha Endurance Festival 2023 (YEF 2023) memang menyajikan balapan keren, dan tim RRS Cargloss kasih bukti serbuan mereka dengan kehadiran 8 pembalap. Pasangan hebat rider muda, Felix Putra dan Wahyu Nugroho berhasil ngebut sampai podium ke-2, dan ceritanya jadi makin kece karena setting motornya hampir nyaris mirip dengan Kejurnas MRS yang notabene cukup ekstrim.

BACA (JUGA) : Duet Kakak-Beradik Tim Yamaha Akai Jaya MBKW2 Podium Juara Balap Ketahanan YEF 2023 Mandalika

Konar, si jago setting motor dari tim, nggak ragu buat ngebagiin rahasia di balik kesuksesan mereka. Dia bilang, “Settingan kita tuh beda tipis sama MRS, terutama di TPS (Throttle Position Sensor) sama Ignition Timing. Dan kita bikin mesin jalan sampe 15.900 RPM.”

koizumi

Gimana, sih, mereka bikin mesinnya makin kenceng ? Salah satunya, mereka naikin rasio kompresi dari 14,2:1 jadi 13,5:1, yang jelas bikin mesin jadi lebih nendang dan tetap aman terkendali. Konar juga ngasih tahu, “Kita nggak ngerendahin kompresi terlalu bawah, soalnya data kita bilang udah cukup banget.”

BACA (JUGA) : Jokinya Aldi Satya Dan Galang Hendra, Yogy MBKW2 Ungkap Rahasia Mesin R25 Balap Ketahanan 2 Jam Di YEF 2023 Mandalika

Terus, Konar juga kasih info soal rahasia final gear mereka, yang dipilih dengan rasio 17-54. Itu artinya, mereka nggak cuma tampil jos di sirkuit, tapi juga punya ilmu teknis yang ngebuat mereka beda.

Oh ya, Rey Ratukore yang berduet dengan Joshua Mbeo bisa podium terbaik jika saat menit-menit akhir balapan tidak mengalami kendala pada motor. Tapi itulah yang namanya kompetisi balapan, semua bisa terjadi tanpa diduga. BB1

Facebook Comments

You May Also Like