Akankah Rekor Top Speed 363,6 Km/Jam Kembali Pecah di Mugello Minggu Ini ?

BeritaBalap.com-Seri ke-6 MotoGP akan dihadirkan di Sirkuit Mugello Italia akhir pekan ini (10-11 Juni). Menarik dicermati karena disini kerap terjadi pemecahan rekor top speed atau kecepatan puncak karena memang trek lurus Mugello yang memiliki panjang 1,141 km.

BACA (JUGA) : Morbidelli Pastikan Dirinya Tetap Balap MotoGP, Kemana ? Yamaha Atau Tim VR46 ?

Terlebih sejak tikungan terakhir, rider bisa rolling speed dalam RPM tinggi. Ini yang membuat top speed spesial hingga sebelum tikungan pertama (R1). Belum lagi pengembangan tehnologi dapat desain aerodinamika ataupun perangkat elektronik.

koizumi

Termasuk rekor top speed sekarang ini yang dicetak tahun 2022 lalu oleh Jorge Martin (Pramac Racing) yang menembus angka 363,6 Km/Jam. Dicetak saat race, tepatnya di lap ke-2 setelah melakukan trik slip streaming atau mengikuti pembalap didepannya untuk mengurangi hambatan angin.

BACA (JUGA) : Tegaskan Isu Yang Beredar ! Bos Besar Ducati Sebut Marquez Tidak Cocok Buat Mereka

Oh ya, angka 363,6 Km/Jam tersebut diatas adalah memecahkan rekor 2021 sebelumnya di Doha Qatar yang 362,4 Km/Jam oleh Johann Zarco (Pramac Racing) dan catatan top speed yang sama oleh Brad Binder (Red Bull KTM) di Mugello Italia.

Sekilas informasi saja, Dani Pedrosa pernah memegang rekor top speed 349,3 Km/Jam yang cukup lama. Ini diukir tahun 2009 di lintasan Mugello. Baru 5 tahun dapat dipecahkan Andrea Inanone menjadi 349,6 Km/Jam, juga di Mugello.

BACA (JUGA) : Akankah Ducati Berjaya Di Kandang ? Berikut Jadual Lengkap MotoGP Mugello Minggu Ini

Seterusnya mengalami peningkatan, misal Marc Marquez (350 Km/jam di Doha 2015) dan di tahun yang sama Iannone torehkan 354,9 Km/Jam.  Inipun terus dipertajam dan dipertajam. Adapun untuk pemenang MotoGP 2022 Mugello adalah Francesco Bagnaia ‘Pecco’ diikuti Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro. BB1

Klasemen Sementara MotoGP : 

 

Facebook Comments

You May Also Like