Apa Kabar Rencana KTM Jual Motor Spek Mendekati MotoGP ? Harganya 2 Milyar

BeritaBalap.com-Pada awalnya KTM ingin membangun replika MotoGP dengan mesin 1000 cc dan tenaga sekira 240 HP (Horse Power). Harganya seputar 120 ribu euro atau Rp. 2 milyar-an. Artinya diriset dan dibangun seperti KTM RC16.

Namun memang tidak sama persis karena ada langkah untuk mengurangi biaya dari KTM RC16 yang punya tenaga hingga 270 HP. Jadi rencana ini pernah diungkap CEO KTM, Stefan Pierer tanggal 31 Juli 2014.

BACA (JUGA) : Maverick Vinales Menikah Diam-Diam, Dengan Siapa ?


“Kami ingin membangun minimal 100 buah dan menawarkan produk ini dengan harga yang sangat terjangkau, ”ungkap Stefan Pierer saat itu.

“Motor ini tidak akan legal di jalan, hanya ditujukan untuk sirkuit yang tertutup. Kami ingin sedekat mungkin dengan motor MotoGP dalam hal performa mesin. Tentu saja tidak akan menjadi 270 hp, tetapi kamu harus memperhitungkan 240 HP”.

“Saya pasti ingin mendapatkan harga yang jauh lebih murah untuk pembalap produksi ini daripada yang ditawarkan Honda. Saya ingin melihat bahwa kita mendapatkan 100.000 atau 120.000 euro. Balapan dengan harga terjangkau adalah filosofi kami, “tambah Stefan Pierer.

Sekilas informasi saja untuk RC213VS mencapai banderol 192 ribu euro atau sekira Rp. 3,2 milyar (termasuk kit). Nah, kabar terbaru, KTM sedang mengerjakan konsep baru, ialah mesin 2 silinder dengan kubikasi 890 cc dan full fairing. Proyek lama dianggap sulit direalisasi. Batal ! Harganya justru akan memberatkan konsumen

“Ini adalah produk berikutnya yang akan kami buat untuk lintasan balap dan akan tersedia untuk dibeli, ”tukas Pit Beirer, Direktur KTM Motorsport.

“Tapi replika MotoGP saat ini tidak layak untuk kami. Jika kamu ingin membuat motor balap sedekat mungkin dengan versi MotoGP, biayanya sangat mahal sehingga tidak ada yang bisa atau mau membayarnya. Jika kita merampingkan replika hingga secara teknis sangat jauh dari motor balap, itu tidak masuk akal ketika kita berbicara tentang replika. Replika MotoGP sudah tidak tersedia. Kami memiliki prioritas yang berbeda. Kami punya begitu banyak ide hebat. Tapi sayangnya 1 hari hanya punya waktu 24 jam, “tambah Pit Beirer. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like