Aturan Balap Moto3 Wajib Usia 18 Tahun Diprotes, Banyak Bakat 10-12 Tahun di Spanyol

BeritaBalap.com-Sudah ditetapkan bahwa untuk masuk balap Moto3 mulai tahun 2023 ini, maka wajib berusia 18 tahun. Kalau level JuniorGP (dulunya bernama CEV Moto3, red), itu berumur 16 tahun. Namun khusus untuk juara JuniorGP diperbolehkan melangkah ke Moto3 walaupun belum sampai usia 18 tahun.  Tapi ingat, itu hanya buat jawara.

BACA (JUGA) : Saat Launching Ducati, Terungkap Kalau 100 Dari 125 Karyawan Setia Sejak Masa Sulit 2012

Nah, konteks aturan wajib 18 tahun di Moto3 yang notabene hadir karena banyak terjadi crash dan beberapa pembalap meninggal dunia, ini yang kemudian menjadi perdebatan serius. Diprotes oleh tokoh senior Jorge Martinez yang juga pemilik tim Aspar.

Menurutnya, banyak rider muda belia di Spanyol yang pada akhirnya harus menunggu cukup lama karena adanya peraturan tersebut. Pada bagian lain, usia 18 tahun ini terbukti kalau kondisi tubuh pembalap sudah relatif besar, padahal cukup membawa motor yang hanya 250 cc dengan sekira tenaga 55 HP (Horse Power) saja.

BACA (JUGA) : 3 Tahun Prestasi Anjlok, Apakah Honda Akan Jos Setelah Gaet Orang Penting Suzuki ?

 

“Di Spanyol, kami memiliki banyak bakat pada usia antara 10 dan 12 tahun. Apa yang kita lakukan dengan itu ? Beberapa pembalap berusia 18 tahun terlalu berat dan terlalu besar untuk mesin 250 cc satu silinder dengan power 55 HP“.  

Karena itu saya mengusulkan untuk menggantinya dengan mesin 2 silinder 400 atau 500 cc. Kemudian kamu akan mencapai 70 hingga 75 HP, ”terang Jorge Martinez selaku pemilik tim Aspar yang pernah 5 kali meraih juara dunia. Itu di era GP80 tahun 1986, 1987 dan 1988, juga GP125 di musim 1988.

BACA (JUGA0 : Pecco Ungkap Alasan Hingga Pilih Nomor Start 1 Musim Ini

“Situasi di Kejuaraan Dunia Moto3 telah banyak berubah. Fakta bahwa pembalap muda hanya bisa memasuki kejuaraan dunia Moto3 pada usia 18 tahun, bukan 16 tahun, adalah masalah besar. Karena di Spanyol kami memiliki kumpulan besar talenta sepeda motor yang berusia sepuluh, sebelas, atau dua belas tahun ” .

Kami menginvestasikan banyak uang sebagai tim pada orang-orang ini untuk mempersiapkan mereka menghadapi kejuaraan dunia. Tapi sekarang mereka harus menunggu 2 tahun lagi untuk masuk balapan daripada dulu. Ini sangat buruk untuk program saya. Saya tidak bisa membiarkan bakat muncul di JuniorGP selama bertahun-tahun. Sponsor membayar lebih sedikit uang disana. Tidak mungkin. Tim-tim hebat juga berpartisipasi dalam European Talent Cup, ”tambah Jorge Martinez yang dilansir dari PaddockGP. BB1

Facebook Comments

You May Also Like