Awas Jupiter Z Karbu by Mekanik Lawas “Mantos”, Jagoan Kares Banyumas !

BeritaBalap.com- Bagi para pelaku balap jaman old pastilah mengenal sosok pria yang ramah, murah senyum serta mau berbagi ilmu korek motor. Diajak ngobrolpun enak. Banyak pula guyon atau ngelucunya. Siapa ya ?

Dia adalah Mantos asal Purbalingga, Jateng. Minggu kemarin (6/10), tepatnya di kejuaraan Cilacap Dandim Cup Open Road Race 2019, salah satu tokoh otomotif Jateng yang sudah banyak melahirkan pebalap dan tuner ini kembali hadir di lintasan NP Jl. S Parman (timur Alun-Alun) Cilacap.

Kehadiran beliau jelas ada hubungannya dengan dunia balap. Lebih tepatnya mengawal tim lokal Purbalingga. Seperti dibilang tadi, belum sah rasanya kalau belum mencuri ilmu dari bapak yang pernah membesarkan nama Ages Furqon yang sekarang menjadi manejer Mayong Racing Team ini.

Mekanik populer asal Purbalingga, Mantos

Ok langsung saja ya, kita akan cari kelebihan dari Jupiter Z yang berhasil mengantarkan Rusdi SM naik podium ke-3 kelas Bebek 4 Tak 125 cc Dulongmas. Dulongmas itu kelas gabungan beberapa Karesidenan ya. Pastinya, Mantos ini masuk Karesidenan Banyumas.

Mulai, tekanan kompresi yang bermain di angka 13.3 : 1. Itu perbandingan kompresi yang utuh di ruang bakar. Gambaran akurasinya juga bisa dilacak pada head-cylinder yang dipapas 1,5 mm dan pistonnya berdiameter 55.25 mm yang area dome nya dipermak ulang.

BACA (JUGA) : Hasil Juara Lengkap Cilacap Dandim Cup Open Road Race 2019

Kemudian dipukul dengan aliran bahan bakar Pertamax Plus dengan nilai oktan 98. Tenaganya padat berisi dalam berbagai tingkat percepatan. Wow.. mantap ! Menurut Mantos yang memiliki bengkel di Bancar RT02 RW 6 Purbalingga, powernya galak dan diklaim tak akan  berubah dari putaran rendah sampai tinggi.

Oh ya, pada intinya, semua set-up mesin dibuat dengan biaya se-efisien mungkin. “Pengapian Rextor itu lebih murah jika dibandingkan dengan merk lain. Sama halnya dengan karbu Mikuni 24 yang kita gunakan. Pasokan bahan bakar pada kinerja karburator disempurnakan dengan settingan pilot jet 30 dan main jet 155. Karakternya responsif sesuai dengan trek Cilacap yang memang pendek-pendek, ’’jelas Mantos.

Karburator Mikuni 24

Langkah selanjutnya, ialah menentukan ukuran klep. Tim Sekar Mandiri ARJ Racing Mantos ini menggunakan katup merk BRT dengan kombinasi ukuran 26 dan 23 mm.  Itu yang efektif. Katanya sich, klep ini bikin mesin tak berenang alias mengambang.

Dengan material yang  ringan, per-klepnya tidak bekerja keras. Sanggup melayani durasi camshaft yang relatif tinggi hingga 278 derajat. Bagaimana dengan perbandingan rasio ? Perbandingannya adalah untuk rasio 1 (13/36), kemudian rasio 2 (16/29), lanjut 3 (21/29) dan 4 (21/24). Ciri khasnya rapat, jedanya sangat minim. Ini semua berujung pada angka perbandingan final gear 14/45. BB1

Facebook Comments

You May Also Like