Bagaimana KTM Kembali Libas Honda di Reli Dakar 2019, Padahal Sudah Disupport HRC ?

BeritaBalap.com-Pada akhirnya KTM kembali dominan. Kembali meraih juara Reli Dakar 2019. Tahun ini lewat pereli asal Australia, Toby Price. Pembesut KTM 450 Rally ini menjadi yang terbaik. Alhasil, meneruskan dominasinya KTM selama ini (sejak 2013). Selain tahun ini, Toby Price juga yang terbaik di Reli Dakar 2016.

Honda CRF 450 Rally yang berambisi kuat ternyata tidak mampu. Padahal sudah didukung penuh pihak HRC. Bahkan Honda menyebut Reli Dakar adalah balapan paling bergengsi ke-2 setelah MotoGP. Hingga hari terakhir (jelang stage ke-10), KTM hanya unggul 1 menit dari Husqvarna (Pablo Qiuntanilla).

Toby Price, gacoan KTM yang jawara Reli Dakar 2019

“Kemenangan untuk Husqvarna tidak akan menjadi kekalahan bagi kami. Kedua merek berada di bawah satu atap. Quintanilla mengendarai untuk kita ! Itu semua di bawah payung KTM. Kemenangan darinya tidak akan menjadi kekalahan bagi kita. Kami memiliki sembilan pembalap dalam program kami. Siapa pun yang menang dari mereka, siapa pun yang menang dari mereka, tidak masalah. Semua orang mengemudi di bawah KTM Group, “ujar Alex Doringer, Manajer Operasional Off-Road KTM.

koizumi

Menyangkut motor yang dipakai, KTM telah membangun pacuan baru yang disebut KTM 450 Rally untuk Dakar Rally 2018, yang kini telah memenangkan dua kemenangan Dakar secara keseluruhan. Konsep dengan rangka baja tubular tidak berubah. Unsur kenyamanan menjadi fokus tim riset. Nyaman itu penting karena reli itu melakoni jarak ribuan km.

“Konsep ini memastikan stabilitas terbesar pada kecepatan tinggi. Namun demikian, kami mencoba membuat motor lebih kompak. Kami mencoba membuat pusat gravitasi menjadi sangat sentral. Kami membuat motor sedikit lebih pendek, posisi duduk untuk pengemudi jauh lebih nyaman, mirip dengan Enduro, tetapi tidak sama. Bagi kami, masalah keselamatan di area reli selalu sangat penting karena balapan reli itu adalah olahraga yang berbahaya, “terang Alex Doringer.

“Dengan motor yang ramping, pembalap dapat merespon dengan sangat cepat di saat goncangan karena motornya jauh lebih mudah diatur, Kami juga menyimpan tangki belakang lebih terpusat, kami membuatnya di bawah jok. Seluruh perangkat telah sepenuhnya dibangun kembali untuk 2018, juga dengan dukungan tehnologi Kiska dan tim, “tambah Alex Doringer.

Oh ya, KTM 450 Rally Replica sudah dijual bebas. Pada Reli Dakar 2019, kapasitas tangkinya antara 36 dan 38 liter, karena harus berjalan hingga 250 km untuk pengisian bahan bakar. Berat total dalam kondisi tangki penuh adalah antara 175 dan 180 kg. Pada sisi lain, kinerja mesin dengan dukungan tenaga 75 HP (Horse Power) dengan kecepatan tertinggi hampir 170 km/jam. BB1

Facebook Comments

You May Also Like