Balap Moto2 dan Moto3 (2019) Makin Nikmat Ditonton, Mirip MotoGP Ada Q1 dan Q2

BeritaBalap.com-Peraturan baru sehubungan sesi kualifikasi akan diberlakukan dalam balap Moto3 dan Moto2 musim balap 2019 ini. Jadi didesain seperti format yang diterapkan di level MotoGP. Tidak sama persis namun secara konsep hampir sama.

Intinya, agar penonton lebih nikmat menyaksikan karena pada akhirnya semua rider akan bertarung all-out selama sesi latihan bebas, kemudian kualifikasi 1 (Q1) dan kualifikasi 2 (Q2). Tidak ada lagi tradisi dimana pembalap yang sudah memiliki catatan waktu spesial, kemudian masuk paddock dahulu.

Dengan adanya Q1 dan Q2 ini, maka mereka akan terus terpacu untuk mempertajam best-timenya. Bagaimana teknis pelaksanaannya ? Semua rider akan menjalani latihan bebas (FP). Kemudian diambil 14 pembalap terbaik dari hasil kombinasi FP1, FP2 dan FP3. Mereka menuju kualifikasi 2 (Q2).

Nah, sisanya harus bersaing di kualifikasi 1 (Q1). Lebih lanjut, akan diambil 4 yang tercepat dari Q1 untuk mengikuti Q2. Jadi akan ada 18 petarung di Q2. Menyangkut durasi latihan bebas (FP) masing-masing selama 40 menit, sedangkan sesi kualifikasi masing-masing berlangsung 15 menit. Paham ya ! BB1

Facebook Comments

You May Also Like