Balap Motor Listrik (MotoE) Ditambah 40 HP Saat Superpole, Apa Tujuannya ?

BeritaBalap.com-Pihak Dorna selaku penyelenggara balap motor listrik alias MotoE sudah merencanakan aturan baru bahwa tenaga motor (Energica Ego Corsa) akan ditambah 40 HP (Horse Power) saat sesi Superpole atau penentuan posisi grid. Itu di hari Sabtu dan berlangsung selama 30 menit.

Tujuannya agar perfoma MotoE dapat mencapai 250 km/jam dan setara Moto3. Jadi Dorna ingin membuat MotoE menjadi lebih atraktif, sedap ditonton. Paham ya sampai disini !

Sekilas informasi saja, MotoE saat ini memiliki tenaga 108 HP dengan bobot 260 kg dan berat baterai hingga 100 kg. Oh ya, torsinya 200 Nm. Tapi jangan bandingkan akselerasi MotoE dan Moto2 ataupun Moto3 ya. Pastinya MotoE yang bertenaga listrik (batere) lebih lambat dibanding Moto2 ataupun Moto3 yang jauh lebih responsif.

“Mesin-mesin itu akan diuji pada 2019 di semua lintasan, dimana kompetisi akan diadakan nanti. Kami kemudian mengharapkan balapan selama enam atau tujuh lap. Karena itu harus memiliki kinerja yang sama dalam balapan dari putaran pertama ke putaran terakhir, “tukas Danny Aldridge, Direktur Teknis MotoGP.

Adapun balap MotoE musim ini akan diangsungkan 6 seri saja dimana dua putaran berlangsung di Misano, Italia. Sudah ada 12 tim dengan 18 rider yang memastikan ambil bagian.

Oh ya (lagi), saat balap MotoE yang akan menggunakan ban Michelin, maka motor tidak boleh dibawa ke paddock tim. Ada paddock khususnya. Juga ada stasiun khusus untuk pengisian baterenya. Setiap timpun, hanya boleh memperkerjakan 2 teknisi saja. Dibawah berita ini daftar peserta MotoE 2019. BB1

Daftar Starter MotoE (2019) :

Alma Pramac Racing: Josh Hook and Alex De Angelis
Ángel Nieto Team: Nicolas Terol and Maria Herrera
Avintia Esponsorama Racing: Xavier Siméon and Eric Granado
LCR E-Team: Randy de Puniet and Niccolò Canepa
Tech3 E-racing: Kenny Foray and Hector Garzo
Trentino Gresini MotoE: Matteo Ferrari and Lorenzo Savadori
Dynavolt Intact GP: Jesko Raffin
Ajo Motorsport MotoE: Niki Tuuli
EC 0.0 Marc VDS: Mike di Meglio
One Energy Racing: Bradley Smith
Pons Racing: Sete Gibernau
SIC58 Squadra Corse: Matteo Casadei

– Mehr bei SPEEDWEEK: http://www.speedweek.com/moto-e/news/137592/MotoE-Weltcup-In-der-Superpole-mit-40-PS-zusaetzlich.html

Facebook Comments