Balap Supermoto, Terbukti CRF 180 cc Fitriansyah Kete Pakai Gear-Set SSS (HDC 2019 Purwokerto)

BeritaBalap.com-Balap Supermoto berbasic Honda CRF150 yang boleh dibore-up menjadi 180 cc (sesuai regulasi) menjadi dayatarik tersendiri dalam balap satu merk Honda Dream Cup 2019 (HDC 2019) di Sirkuit GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah (24-25 Agustus).

Para pembalap diajak untuk adu ketangkasan di trek lurus, berbagai macam model tikungan ataupun dalam manuver jumping. Itu lihat bukti fotonya, kan ada juga aksi terbangnya. So, ini jadi mainan baru bagi mereka yang pastinya membuat tontonan menjadi atraktif. Termasuk keikutertaan pasukan Astra Motor Racing Team Yogyakarta, populer disebut ART Jogja yang dikomandoi Rudi Hadinata.

BACA (JUGA) : Hasil Lomba Honda Dream Cup (HDC) 2019 Seri 1 Purwokerto

koizumi

Oh ya, hadir pula Micheal Gerard dari pihak manajemen Astra Motor. Doi ini decision maker ART Yogyakarta. “Untuk motor CRF150 nya Kete yang sudah 180 cc dengan diameter piston yang 63 mm, itu sudah mencapai 30 HP dan torsinya yang besar hingga 23,5 Nm, “ujar Haris Sakti Prabowo, akrab disapa Mlethiz MBKW2 selaku mekanik ART Jogja yang bermarkas di Sleman Yogyakarta.

Tim ART Jogja yang memborong 9 podium dan ikutan juga kelas Supermoto s/d 180 cc

Diinvestigasi lebih lanjut, Mlethiz MBKW2 menyebut bahwa ia menggunakan gear-set atau gir dan rantai SSS untuk melayani semburan torsi CRF 180 cc yang memang relatif besar. Sebagai ilustrasi saja, untuk pacuan Bebek 150 cc, torsinya sekitar 19,5 hingga 20 Nm.

Alhasil, butuh kekuatan dan dayatahan gear-set yang mumpuni saat torsi melonjak dalam momen keluar tikungan. Hentakan torsi menguji kekuatan rantai karena secara logika ditarik keras sesuai dengan set-up mesin.

Gir dan rantai SSS yang dipakai Kete pada pacuan CRF yang dibore-up hingga 180 cc

“Torsi pastinya berhubungan erat dengan kekuatan gear-set. Itu untuk puluhan lap. Ini terbukti kuat dengan gir dan rantai SSS. Saya sudah buktikan juara nasional bebek ataupun sport 250 cc. Kalau yang supermoto ini pakai ukuran 14-54, “tambah Mlethiz MBKW2 yang sukses menghantar Kete meraih podium runner-up di kategori supermoto dan secara umum membawa para ridernya memborong 9 podium dalam HDC 2019 Purwokerto.

Nah, bagi para penggemar supermoto, jangan salah pilih gir dan rantai ya. Pilih produk SSS yang sudah terbukti di pentas balap nasional. Termasuk buat pemakai kudabesi supermoto yang menggunakannya dalam aktifitas harian ataupun yang demen membawanya touring. Pakai yang jelas-jelas saja, SSS sudah terbukti kualitasnya. BB1

Facebook Comments

You May Also Like