Balap WorldSSP300 Dianggap Berbahaya Karena Beberapa Rider Meninggal Dunia, Kenapa ?

BeritaBalap.com-Balap dunia WorldSSP300 yang menjadi bagian dari kompetisi superbike (WorldSBK) dianggap berbahaya. Ini menyusul meninggalnya Victor Steeman (22 tahun) setelah crash di seri Portimao Portugal, Sabtu (8 Oktober).

BACA (JUGA) : Miller Targetkan Podium Juara Didepan Penggemarnya, Tidak Peduli Strategi Ducati Buat Pecco

Sebelumnya lagi, tepatnya musim 2021 adalah Dean Bertha Vinales (15 tahun) yang juga pergi untuk selamanya. Yang disebut terakhir ini adalah sepupunya petarung MotoGP Maverick Vinales (Aprilia Racing).

koizumi

Pertanyaan kritisnya, kenapa WorldSSP300 dianggap berbahaya ? Apa sebabnya ? Ini berhubungan dengan perfoma motor WorldSSP300 yang dianggap kurang powerful tetapi dengan bobot hingga sekira 160 Kg. Itu kata Maverick Vinales. Sekilas informasi saja, pacuan-pacuan WorldSSP300 diantaranya adalah YZF-R3 (321 cc), KTM RC390R dan Ninja 400.

BACA (JUGA) : Pembalap WorldSSP300 Victor Steeman Meninggal Dunia

Belum lagi, soal banyaknya rider yang terlibat. Bisa lebih dari 30 pembalap. Karena motor yang tidak kencang dan ridernya banyak, maka ketika terjadi insiden di depannya, maka akan sulit petarung di depannya untuk menghindar. Jangan lupa, Aleix Espargaro (Aprilia Racing) juga menyebut balap WorldSSP300 itu berbahaya.

“Menurut saya, masalah di Supersport 300 adalah motornya berbobot 160 kg dan tidak bisa mencapai kecepatan apapun. Kemudian 30 pembalap bersama-sama dan jelas bahwa jika satu orang jatuh di depan kamu, maka tidak mungkin untuk menghindarinya, “terang Maverick Vinales.

BACA (JUGA) : Izan Guevara (18 Tahun) Pastikan Juara Dunia Moto3 Di Phillip Island Minggu Ini ?

“Menurut pendapat saya, ini bukan tentang usia dan pembalapnya, ini tentang motornya. Mereka tidak punya tenaga, beratnya seperti motor MotoGP, remnya jelek, swingarmnya juga. Masalahnya adalah kategorinya. Bukan pembalap yang terlalu muda. Saya mengendarai sepeda motor GP125 ketika saya berusia 14 tahun dan tidak pernah terjadi apa-apa. Karena kami bukan 20 pembalap dalam satu grup, tapi tiga atau empat. Karena kategori ini sulit, “tambah Maverick Vinales. BB1

Facebook Comments

You May Also Like