Berapa Ratus Miliar Biaya Balap MotoGP Tim Anyar Trackhouse Racing Yang Baru Launching ?

BeritaBalap.com-Tim Trackhouse yang baru launching livery 2024 adalah tim baru yang menggantikan RNF. Dalam hal ini, Trackhouse yang berasal dari USA disupport pabrikan Aprilia. Miguel Oliverira dibekali motor terbaru RS-GP24, sedangkan Raul Fernandez motor musim 2023 lalu (RS-GP23).

Pertanyaan menarik, sebetulnya berapa biaya balap MotoGP untuk tim satelit ? Bos Tim VR46 Valentino Rossi pernah mengatakan pada The Race, bahwa timnya membutuhkan dana minimal 15 juta euro alias sekira 250 milyar untuk balapan MotoGP musim 2023 ini. Itu nilai minimal ya dalam perjalanan 1 musim kompetisi MotoGP.

Pada sisi lain, Razlan Razali selaku komandan tim RNF Aprilia (2023) dan juga pemilik saham mayoritas menyebut bahwa ia membutuhkan dana 12,5 juta euro atau sekira Rp. 200 milyar untuk biaya balapan MotoGP selama setahun.

koizumi

BACA (JUGA) : Miguel Oliveira Bicara Target Tahun Ini Setelah Dikasih Motor Terbaru Aprilia RS-GP24

Oh ya, angka tersebut yang kemudian kabarnya bermasalah karena saat seri-seri terakhir MotoGP 2023 butuh suntikan dana hingga pembalapnya menggunakan part lama. Boleh jadi angka minimalnya adalah 250 hingga 300 milyar untuk anggaran biaya balap MotoGP dalam 1 tahun.

Perlu diketahui, khusus untuk tim satelit saja, maka Dorna Sports selaku promotor penyelenggara mensupport 6-7 juta euro atau seputar 10-11,5 milyar. Relatif besar ya. Tentu saja, selebihnya atau kekurangan yang ada, maka wajib dicarikan tim dari berbagai sponsor.

BACA (JUGA) : Selain Pertamina Enduro Adapula Pertamax Turbo Di Launching Tim VR46, Berapa Kontraknya ?

Ingat pula, biaya sewa mesin balap yang besar. Misal, untuk pacuan Ducati yang 1 tahun lebih tua, itu bernilai 2 juta euro atau 33 milyar, sedangkan yang terbaru 4 juta euro atau 66 milyar.  BB1

Facebook Comments

You May Also Like