Biar Tidak Penasaran, Ini Grafik Waktu Per-Lap Quartararo Vs Mir di MotoGP Catalunya

BeritaBalap.com-Joan Mir tampil menawan di lap akhir MotoGP Catalunya, Minggu kemarin (27 September). Gapnya di lap terakhir saja dengan Fabio Quartararo bisa dipangkas sekira 0,9 detik. Bahkan banyak yang mengklaim, jika tambah 1 putaran lagi, maka Mir yang merebut podium juara.

Maklum saja, kinerja bannya masih sangat optimal. Ini yang disebut kelebihan perfoma Suzuki GSX-RR yang begitu spesial di lap-lap akhir. Di bagian atas berita ini adalah gambar grafik perbandingan waktu tempuh antar Quartararo dan Mir.

BACA (JUGA) : Mendadak Rossi Tidak Ingin Adiknya Luca Marini Balap MotoGP 2021, Tahun 2022 Saja, Kenapa Ini ?

koizumi

Tampak grafik dari Joan Mir (#36) yang lebih stabil sejak lap awal, sedangkan Quartararo terbukti lebih tajam di lap-lap awal tetapi turun drastis di lap-lap akhir.

“Ketika saya memimpin, Franco berada 5 atau 6 lap di belakang saya dan kecepatan kami sangat cepat. Pada saat itu saya pikir terlalu banyak untuk menjaga ban baru sampai akhir. Pada akhirnya, saya menjadi 3 detik lebih lambat, namun saya masih memberikan segalanya.”

BACA (JUGA) : Bos Tim Tech3 Tidak Takut Kehilangan Sponsor Red Bull (2021), Ini Alasannya…

“Faktanya, masalah hanya muncul di beberapa lap terakhir : saya mencata 41 detik, lalu saya melakukan 2 atau 3 lap dalam 42, kemudian di 43. Jika ada 2 lap lagi, maka saya akan selesai seperti waktu Moto3 kali. Untungnya balapan berakhir pada lap ke-24, jika satu lap lagi dan saya pikir Joan Mir akan melewati saya,”terang Fabio Quartararo.

Joan Mir (kiri) dan Fabio Quartararo (kanan) yang masing-masing meraih podium ke-2 dan ke-1

Bagaimana komentar Joan Mir ? Memulai start dari posisi ke-8 dan cukup lama tertahan Jack Miller adalah menguras waktunya. Itupun baru bisa dilibas pada lap ke-16, kemudian Morbidelli dalam 7 lap kemudian.

“Saya berada di belakang Jack Miller, pebalap yang sulit dikalahkan, terutama di awal balapan. Tentu, saya kehilangan  waktu karena dia dan itu mungkin membuat saya kehilangan kemenangan, tetapi tidak ada yang bisa saya lakukan.”
“Pada sisi lain, saya telah menghemat lebih banyak ban, ketika saya melihat semua orang melambat, saya memiliki lebih sedikit baik, juga karena awalnya saya tidak secepat mereka, “tutur Joan Mir yang saat ini ada di posisi ke-2 klasemen sementara MotoGP. BB1

Hasil MotoGP Catalunya :

Klasemen Sementara MotoGP Hingga Seri Catalunya :

 

 

Facebook Comments

You May Also Like