Bongkar Mesin All New R15 Yamaha Akai Jaya by MBKW2, Podium Lagi YSR 2019 Sentul

BeritaBalap.com-Poin sempurna (50) dalam 2 seri Yamaha Sunday Race 2019 (YSR 2019) di Sirkuit Sentul, Bogor yang sudah berjalan. Yap, rider Fahnisyar Nurjabad, populer disebut Iksan Lala kembali meraih podium terbaik Sport 150 Pro dalam putaran ke-2 YSR 2019 Sentul, Minggu kemarin (28 Juli).

Andi Akai, pemilik tim Yamaha BAF Akai Jaya Pirelli MBKW2

Sebelumnya, petarung tim Yamaha BAF Akai Jaya Pirelli MBKW2 yang dikomandoi Andi Raja Limbunan, akrab disapa Andi Akai ini sukses merenggut podium juara di putaran awal (1) pada 23 Juni. Pertanyaan kritisnya, apa yang menjadi perubahan di putaran ke-2 setelah seri perdana ? Bagaimana pula dengan tenaga ataupun torsi yang dihasilkan saat ini pada All New R 15 ?

“Kita fokus pada camshaft dan porting, Mas, “tukas Yogi MBKW2 yang pastinya hadir langsung di Sirkuit Sentul. Termasuk dukungan dari Mlethiz MBKW2 dan Dendy Bre MBKW2 yang ikut serta memotivasi para pembalap.

Yogi MBKW2 selaku mekanik tim Yamaha BAF Akai Jaya Pirelli MBKW2

Diinvestigasi lebih lanjut, camshaft saat ini bermain di angka yang lebih tinggi. Dari 262 menjadi 268 derajat. Juga porting lebih lebar 15 persen. RPM atas lebih jalan. Isi terus. Pantas ya, selalu menang di ujung trek lurus atau saat masuk tikungan pertama.

Camshaft untuk sisi in saat ini dipindah pada RPM 9800 (VVA), “ujar Yogi MBKW yang memang mendapat tugas untuk mengawal tim Yamaha BAF Akai Jaya, termasuk minggu sebelumnya di Motoprix 2019 Tidore hingga membawa Herman Bas meraih podium juara MP1 (150 cc Expert). Doi kerap berduet dengan Keshley sebagai manajer tim.

Fahnisyar Nurjabad (tengah) meraih podium juara untuk kedua kalinya dalam gelaran Yamaha Sunday Race 2019

Catatan penting lain, bahwa torsi yang sebelumnya 21,8 Nm, untuk putaran ke-2 sudah naik 0,5 Nm. Wow… begitu mendukung saat keluar tikungan S kecil dan yang terakhir. Kalau tenaganya masih bermain di angka 34,5 HP (Horse Power) dengan dukungan AFR yang diplot 11,5. Namun memang untuk RPM saat ini cukup 14 ribu. Cari aman dahulu. Step by step akan ditingkatkan seiring berjalannya waktu. BB1

Spesifikasi Mesin :

Klep : 22/19 mm
Lift Klep : 8,5 mm
ECU : aRacer v3
Rasio : Motto 1
Final Gear : 16-47
Knalpot : Proliner

 

Facebook Comments

You May Also Like