Direktur Teknologi Dorna Akui Moto2 (Mesin Triumph 765) Jauh Lebih Spesial Dibanding Honda CBR600RR

BeritaBalap.com-Direktur Teknologi MotoGP yang pastinya dari Dorna, Corrado Cecchinelli menerangkan bahwa Moto2 musim ini dijamin spesial. Maksudnya, berkat dukungan mesin Triumph 756 ditambah dengan ECU Magneti Marelli, maka jauh lebih bertenaga dibanding saat dengan Honda CBR 600RR yang sudah berjalan selama 9 tahun.

Perbedaan mesin secara mendasar, Triumph 765 sudah lebih powerful kisaran 15-20 HP. Belum lagi dengan muntahan torsi. Ditambah pula dengan support ECU Magneti Marelli. Disebut dengan kata, bahwa Moto2 tahun 2019 ini lebih tepat ketika pembalap naik dari Moto3 ke Moto2 dan lebih tepat pula saat rider meloncat dari Moto2 ke MotoGP.

“Mesin Triumph baru memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pendahulunya. Secara teknis kami ingin mengambil langkah maju dan memastikan bahwa kelas Moto2 adalah kelas yang ideal untuk naik dari Moto3. Dan untuk naik dari Moto2 ke Kejuaraan Dunia MotoGP, “tegas Corrado Cecchinelli yang dikutip dari laman media asal Jerman, SpeedWeek.com.

koizumi

BACA (JUGA) : Ternyata Mesin Moto2 Triumph 765 Sudah Dijajal 2500 Lap, Riset 2 Tahun & Dijejali 80 Komponen

Adapun kinerja ECU Magneti Marelli yang dipakai adalah sama dengan yang diaplikasi di level MotoGP. Hanya berbeda dalam penggunaan sensor yang nantinya akan diset-up lebih sedikit pada Moto2. Misal tidak adanya traksi control. Namun untuk pemetaan torsi, engine-brake dan launch-control tersedia.

“Fungsinya akan lebih mudah ditangani daripada di kelas MotoGP. Perhatian saya selalu pada biaya, pengembangan karena itu harus dilakukan dengan hati-hati. Itu sebabnya kami tidak merilis semua fungsi, tetapi semuanya diatur untuk mereka. Ini adalah langkah besar, penting, dan menarik untuk Kejuaraan Dunia Moto2, “tambah Corrado Cecchinelli yang menyebut bahwa penggunaan traksi kontrol akan direncanakan untuk musim 2020 atau 2021. BB1

Facebook Comments

You May Also Like