Ternyata Mesin Moto2 Triumph 765 Sudah Dijajal 2500 Lap, Riset 2 Tahun & Dijejali 80 Komponen

BeritaBalap.com-Sudah jelas dan tegas bahwa mesin Moto2 Honda CBR600RR digantikan Triumph 765 (2019). Dipastikan jauh lebih bertenaga, baik Horse Power (HP) ataupun torque alias torsi.  Mesin 3 silinder Triumph 765 dibekali tenaga hingga 140 HP, sedangkan saat CBR600RR menyentuh 120-130 HP.

Kalau torsi, Triumph 765 lebih galak hingga 20 Nm. Lumayan toh peningkatannya.  Infonya, puluhan perangkat baru sudah dijejali untuk upgrade perfoma Moto2. “Mesin tiga silinder 765 cc ini memiliki tenaga yang lebih, torsi lebih tinggi dari mesin aslinya, “ujar Kepala Mekanik Triumph, Stuart Wood.

“Mesinnya lebih ringan dan lebih dari 80 komponen baru yang diinstal. Kami telah meningkatkan stroke dan bore dibandingkan dengan mesin 675 cc dan telah menggunakan poros engkol dan penyeimbang baru, juga batang penghubung baru dan piston. Termasuk gearbox juga telah telah dirancang ulang, “tambah Stuart Wood yang menyebut pula adanya modifikasi pada saluran inlet dan outlet, kompresi dan klep titanium

koizumi

Oh ya, mesin Moto2 Triumph 765 juga mengaplikasi ECU Magnet Marelli yang dipakai di level MotoGP. Alhasil, konteks ini menjadi nilai lebih ketika pembalap nantinya pindah ke strata MotoGP. Lebih lanjut dipahami, bahwa mesin Triumph 765 juga sudah diujicoba sebanyak 2500 lap. Wow… banyak sekali. Riset sudah berjalan selama 2 tahun.

“Kami menginvestasikan 2 tahun dalam pengembangan mesin dan menyelesaikan lebih dari 2.500 lap pada berbagai trek balap di Rennspace. Selain itu, ada jarak tempuh yang signifikan dalam kecepatan penguji. Pada saat yang sama, kami bekerja pada manajemen mesin elektronik, yang dilakukan terutama oleh ECU Magneti Marelli. Pabrikan sasis dan mitra kami ExternPro membantu kami. Mesin kami stabil, berjalan dengan lancar dan memberikan 140 HP, “tukas Stuart Wood. BB1

Facebook Comments

You May Also Like