Dorna Takut Kehilangan Honda dan Yamaha, Minta Kelonggaran 3 Pabrikan Eropa

BeritaBalap.com-Dominasi 3 pabrikan Eropa (Ducati, KTM dan Aprilia) sangat jelas dan tegas terlihat hingga paruh musim MotoGP 2023. Pabrikan Jepang sangat sulit untuk menembus deretan 5 besar. Maksudnya memang pernah tetapi kompetisi terlihat jelas dan tegas tidak berimbang.

BACA (JUGA) : Bos Tim Repsol Honda Tegaskan Tidak Ingin Pembalap Yang Tidak Bahagia

Ducati sangat dominan, juga diikuti KTM dan Aprilia. Diklaim kiblat MotoGP saat ini sudah berpindah ke Eropa, bukan lagi Jepang.

koizumi

Konteks ini yang kemudian memunculkan anggapan bahwa pabrikan Jepang dapat saja melepaskan komitmen mereka. Tidak berlanjut untuk menjalani balap MotoGP karena secara promosi tidak efektif.

BACA (JUGA) : Marquez Curhat Alami Kondisi Tersulit Dalam Karirnya, Tulang Rusuk Bermasalah

Hal demikian yang saat ini coba disikapi pihak Dornas Sports selaku promotor penyelenggara. Jangan sampai Honda dan Yamaha cabut. Gawat mereka bisa kehilangan sponsor penting. Hehehehe…

Dilansir dari Speedweek, Dorna Sports akan meminta kelonggaran kepada 3 pabrikan Eropa untuk memberikan Hak Konsesi kepada Honda dan Yamaha. Ini jika disetujui dengan alasan membuat persaingan yang lebih seimbang.

BACA (JUGA) :  Alberto Puig Kritik Metode Kerja HRC Jepang, Harus Berubah Seperti Pabrikan Eropa

Maksudnya, diberikan Hak KOnsesi walaupun belum menjadi haknya secara aturan karena podium Pol Espargaro dan Marc Marquez tahun lalu ataupun juga yang diraih Fabio Quartararo sudah membatalkan upaya mendapatkan Hak Konsesi.

Sekilas informasi saja, dengan Hak Konsesi atau semacam Hak Istimewa dimana pabrikan dapat melakukan pengujian private lebih banyak, juga penggunaan jumlah mesin yang lebih banyak dalam setahun, termasuk jumlah wildcard yang pastinya berhubungan dengan pengujian dan lain-lain.

Kita tunggu saja ya perkembangannya lebih lanjut. BB1

Facebook Comments

You May Also Like