ECU Pintar Rapid Bike, Ini Dia Kelebihannya

BeritaBalap.com – Rapid Bike sendiri terdiri dari 2 macam, yakni piggy back dan modul add-on. Masing-masing memiliki kegunaan dan fitur yang berlainan. Rapid Bike sendiri diperuntukkan motor yang harus lolos uji emisi Euro4, yaitu ramah lingkungan.

Maksudnya, rata-rata untuk ngejar emisi Euro4, motor disetting sangat irit agar jumlah emisinya turun drastic. Dan Rapid Bike bertugas untuk mengubah jumlah bahan bakar tersebut.

Untuk itu, ada beberapa macam tipe Rapid Bike yang dijual oleh Positive Prosport yang bermarkas di Surabaya dengan beberapa penjelasan dan harganya.

koizumi

BACA (JUGA) : Mekanik Tim ART Jogja Kasih Masukan Penting IMI Buat Kelas ECU Std

Rapid Bike Easy

Rapid Easy
Part berharga Harga Rp 3.060.000 ini bukan piggy back, melainkan manipulator yang bertugas mengubah fungsi oksigen sensor, sering disebut sebagai open looper.

Rata-rata close loop area berada pada rentang putaran di bawah 5.000 rpm. ECU akan terus melakukan perubahan jumlah semprotan supaya emisinya turun dengan kisaran AFR pada rentang lean area. Proses pembacaan itu dilakukan oksigen sensor.

Dengan Rapid Easy, ECU tidak lagi membaca oksigen sensor. Dalam hal ini, mapping yang terjadi akan sesuai dengan asli dari ECU motor. Rapid Easy juga bisa dilakukan setting secara manual untuk mengubah nilai AFR yang diinginkan.

BACA (JUGA) : Wow..! Tim Gudeg Yu Djum Bangun Sonic 150R Spek ECU Std by Mlethiz MBKW2 Jogja

Rapid Bike EVO

Rapid Evo
Perangkat dengan rentang harga Rp 7.860.000 sampai Rp 9.165.000 ini disebut sebagai piggy back. Namun Rapid Evo hanya memfasilitasi perubahan fuel map, artinya hanya bahan bakar yang bisa diubah sesuai dengan keinginan. Table mapping ini tentu dimulai dari rentang putaran bawah hingga atas.

Uniknya Rapid Evo memiliki fasilitas auto-tune yang bisa melakukan perubahan mapping secara otomatis, namun bisa juga dilakukan secara manual menggunakan software khusus yang didapat saat membeli piggy back tersebut.

BACA (JUGA) : Jorge Raphael Gading, Pembuktian Jawara OP4 Dengan ECU Std, RPM 10500 ! No Remapping !

Rapid Bike Racing

Rapid Racing
Mirip dengan Rapid Evo, Rapid Racing dengan harga Rp 10.760.000 sampai Rp 12.760.000 sistemnya sama dengan Rapid Evo. Pengubahan fuel mapping bisa dilakukan secara manual atau auto-tune, lantas kenapa kok lebih mahal dibanding Rapid Evo?

Khusus Rapid Racing memiliki fitur pengapian. Dalam hal ini perubahan bukan hanya pada fuel map, melainkan termasuk ignition timing. Jadi, selain jumlah bahan bakar yang bisa diubah, pada Rapid Racing waktu pengapian motor juga bisa diutak-atik sesuai keinginan.

Nah, sudah jelas kan? kalau kalian berminat bisa langsung menghubungi Positive Prosport yang ada di jalan Raya Menganti 12 Surabaya, atau bisa menghubungi Hans di nomor +62 822-3155-5777 atau Maria di nomor +62 821-3422-2555. CHR

Facebook Comments

You May Also Like