Ini Data Top Speed Duo Pembalap AHM Mario Aji (Grid ke-21) Dan Fadillah Arbi (15) di Kualifikasi Moto3 Mandalika

BeritaBalap.com-Hasil resmi Kualifikasi Moto3 Mandalika dari dua pembalap Indonesia memang berbeda. Cukup signifikan bedanya. Mario Aji yang sudah masuk tahun ke-2 dalam balapan Moto3 berada di posisi ke-21, sedangkan Fadillah Arbi yang menjalani debut atau penampilan pertama sebagai wild card menembus starting grid ke-15.

Konteks ini yang menarik dicermati. Secara skill balap, ingat bahwa Mario Aji sudah masuk tahun ke-2 di balap Moto3, sebelumnya 3 tahun pula di CEV Moto3. Sampai disini, kita tidak perlu perdebatkan ya. Anggap saja Mario Aji lebih oke. Bagi yang tidak setuju, silahkan saja.

Tapi ketika bicara motivasi ataupun semangat mungkin berbeda. Mario Aji sudah 12 seri tidak mendapatkan poin dan ada di posisi ke-26 dalam klasemen sementara Moto3. Rekan-rekan satu angkatannya (tahun ke-2 Moto3) sudah jauh meninggalkannya. Mereka pimpin klasemen ataupun masuk lingkup 10 besar.

koizumi

Itu banyak sekali, ada sekira 6-7 rider, bahkan lebih. Sering dibahas portal berita balap. Bicara Fadillah Arbi diprediksi punya motif atau keinginan yang lebih keras dan keren karena beberapa waktu lalu berhasil menjadi jawara dalam seri FIM JuniorGP (dulunya CEV) Catalunya Spanyol.

Top Speed Motor Mario Aji Kalah Dari Fadillah Arbi Yang Jalani Debut Moto3

Selanjutnya kita bicara data top speed atau kecepatan puncak motornya. Ini dilansir dari MotoGP.com. Mario Aji menorehkan top speed di trek Mandalika dengan ukiran 214,2 Km/Jam, sedangkan Fadillah Arbi mencatat top speed lebih tinggi 215,1 Km/Jam. Untuk pacuan sesama penunggang Honda NSF250 yang terkencang, milik Jaume Masia (Leopard Racing) di starting grid ke-2 dalam torehan top speed 216,8 Km/Jam.

Kalau topik top speed ini, tentu saja berhubungan dengan skill balap, juga motivasi diri untuk all out dalam perjuangan dan bobot tubuh pembalap. Silahkan berdebat ya dengan opini masing-masing. Yang pasti, ketiga variabel tersebut tidak dapat dipisahkan dalam menganalisanya. BB1 (Ket FOTO : Istimewa/Instagram Honda Team Asia)

Top Speed Q2 : 

Top Speed Q1 :

Hasil Kualifikasi Moto3 :

Facebook Comments

You May Also Like