Ini Penampakan Mesin Superbike Honda CBR1000RR-R, Bukti Nyata Tehnologi MotoGP

BeritaBalap.com-Honda CBR1000RR-R dihadirkan untuk balap superbike (WorldSBK) dengan target jawara dunia. Makanya kemudian HRC ikut mensupport walau memang belum mampu mengalahkan dominasi Kawasaki bersama Jonathan Rea.

Yang menarik dibahas, bahwa CBR1000RR-R ini terbukti nyata mengusung tehnologi MotoGP. Memang secara konstruksi mesin CBR1000RR-R, populer disebut triple R itu 4 silinder (inline), berbeda dengan versi MotoGP Honda RC213V yang V4. Seali lagi ditegaskan soal tehnologinya yang sama dengan MotoGP.

BACA (JUGA) : Berikut Ucapan Natal Dari Para Pembalap Dan Tim MotoGP

koizumi

Kudabesi triple R itu mampu memuntahan tenaga hingga 218 HP pada RPM 14.500. Lebih tinggi dari RC213V-S (versi jalan raya) yang 214 HP. Disebut bahwa RC213V-S menjadi basic pengembangan CBR1000-RR. Infonya, triple R memiliki klep yang sama dengan MotoGP (81 mm). Ini 5 mm besar dari versi sebelumnya.

“Untuk adopsi saluran pusat, kami bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pada intake dengan menjadikannya seukuran RC213V. Alhasil, rangka juga diset-ulang dan posisi kunci kontak konvensional terganggu dengan saluran besar ini, sehingga kunci harus dipindahkan ke sisi kiri, “terang Yuzuru Ishikawa sebagai manajer pengembangan yang pastinya  kerja-bareng dengan Kensuke Mori (yang bertanggung jawab atas desain mesin) dan Toshiaki Deguchi (penelitian mesin). Mereka ini from HRC yang bekerja di MotoGP 2009 hingga 2012.

BACA (JUGA) : Masalah Lama ! Dovizioso Sebut Lorenzo Hingga Sekarang Tidak Menyukainya

“Karena ada lubang besar dan stroke pendek, maka bobot katup bertambah dan kecepatan putar maksimum juga meningkat sehingga perlu mengurangi bobot piston sebanyak mungkin. Piston terbuat dari bahan berkekuatan tinggi yang secara tradisional hanya digunakan untuk RC213V-S, kenopnya lebih tipis sekaligus meningkatkan resistansi dan panjang skirt juga diperpendek hingga batasnya, “tambah Yuzuru Ishikawa.

Dengan memasang sokbreker yang langsung  ke casing mesin, maka disebut pula CBR1000RR memiliki geometri rangka yang hampir sama dengan motor MotoGP dengan jarak sumbu roda 1455 mm. BB1

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

You May Also Like