Ini Profil Sam Sunderland (Tim Gas Gas) Juara Dunia Reli Dakar 2022

BeritaBalap.com-Pada akhirnya, Sam Sunderland sukses meraih juara dunia Reli Dakar 2022. Walau kalah dalam etape terakhir (ke-12), namun gap atau jarak waktu pembalap tim Gas Gas Factory Racing ini dengan rival terberatnya Pablo Quintanilla (Monster Energy Honda) yang memang di stage ke-12 ternyata sudah tidak terkejar.

Tentu saja, hasil ini menjadi bukti kembalinya supremasi KTM Group. Pabrikan Gas Gas memang didesain tampil untuk mengepung Honda. Pacuan Gas Gas RC450 diklaim dengan platform KTM 450 Rally. Ini strategi KTM karena musim lalu dominasi mereka dalam 20 tahun lebih direbut Honda (2021).

Sam Sunderland yang memulai karirnya dalam dunia balap motokros berasal dari Inggris dan usianya 32 tahun. Tahun lalu berada di posisi ke-3 dalam klasemen akhir. Itu saat masih membela Red Bull KTM Factory Racing. Termasuk di tahun 2019, juga ada di urutan ke-3.


Sam Sunderland juara dunia Reli Dakar 2022

Prestasi terbaik Sam Sunderland dalam Reli Dakar adalah tahun 2017 saat meraih jawara dunia Reli Dakar. Sam Sunderland  memulai karir Reli Dakarnya musim 2012 saat membela Honda, itu hingga tahun 2014.

“Saya tidak bisa lebih bahagia, mengetahui bahwa saya memenangkan Dakar kedua kali, ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, ”bangga Sam Sunderland yang dilansir dari Tuttomotoriweb. BB1 (Ket FOTO : Gas Gas)

Klasemen Akhir Reli Dakar 2022 :

 

Hasil Etape Terakhir (12) Reli Dakar 2022 :

Facebook Comments

You May Also Like