Jelang MotoGP Jerez (2) : Evaluasi Jerez 1, Vinales Pilih Ban Depan Keras ?

BeritaBalap.com-Sekilas informasi saja, hanya ada 2 pembalap saat MotoGP Jerez, Spanyol, Minggu kemarin (19 Juli) yang mengaplikasi ban depan tipe soft alias lunak alias lembut. Kalau belakangnya hard atau keras. Itu dipakai Valentino Rossi dan Maverick Vinales, keduanya pembalap tim Monster Energy Yamaha.

Namun kemudian VR46 tidak finish, sedangkan Vinales finish ke-2 dengan perjuangan berat. Kok berat ? Ya karena Vinales mengakui sulitnya memanage ban hingga perjalanan finish. Boleh jadi karena ada korelasinya dengan temperatur panas trek yang “menguras” kompon ban. Konteks ini yang kemudian akan dievaluasi Vinales untuk MotoGP Jerez kedua pada akhir pekan ini (24-26 Juli).

BACA (JUGA) : Jadual Lengkap MotoGP, Moto2, Moto3 & MotoE Jerez, Spanyol (24-26 Juli)

koizumi

Apakah akan menggantinya dengan tipe hard atau keras seperti banyak dipakai rider lainnya ? Belum ada keputusan, semuanya akan mengacu pada latihan bebas yang dijalani Jumat ini (24 Juli). Tapi kemungkinan besarnya memang demikian.

“Kami memahami banyak hal dalam balapan, terutama yang berkaitan dengan elektronik dan pengaturannya. Kami pasti akan mengambil langkah penting untuk balapan berikutnya, itu pasti, ”tegas Vinales yang akhirnya melewati garis finish dengan gap 4,603 detik dari Quartararo.

BACA (JUGA) : Operasi Lengan Kanan Marc Marquez Berjalan Sukses, Tidak Ada Problem Saraf !

“Kami mengerti bahwa ban lunak bisa bagus untuk tahap awal balapan, tetapi menjadi lebih sulit di bagian terakhir. Kami tentu telah belajar banyak dan akan berada pada level yang lebih baik akhir pekan depan, “tambah Vinales.

Pada bagian lain, Vinales juga mengkorekasi apa yang terjadi dengan M1, terlebih ketika bertarung dan dilibas Marc Marquez (Repsol Honda) di lap-lap awal sebelum Marquez kebablasan masuk area gravel.  Ini sebelum insiden serius yang dialami MM93.

“Ketika Marc Marquez menyusul saya, saya melihat banyak hal yang harus kami perbaiki pada motor, terutama untuk balapan. Di sektor keempat, saya bisa menebus seluruh kesenjangan yang ada. Saya mengerti betul dimana kita perlu meningkatkan. Kami akan bekerja sangat keras untuk meningkatkannya pada akhir pekan, “timpal Vinales. BB1

Hasil Juara MotoGP 2020 Jerez :

Facebook Comments

You May Also Like