Jonas Folger Ujicoba di Mugello, Tingkatkan M1nya Rossi dan Vinales, Apa Yang Diriset ?

BeritaBalap.com-Test rider alias penguji Yamaha, Jonas Folger melakukan tes serius di trek Mugello, Italia dalam beberapa hari terakhir. Folger menghabiskan lebih dari 60 lap. Apa tujuannya ? Bahwa hal ini dilakukan untuk mempersiapkan motornya Valentino Rossi dan Maverick Vinales dalam seri ke-4 MotoGP 2019 di trek Jerez, Spanyol, Minggu depan (3-5 Mei).

Terlebih jarak Rossi dan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) yang memimpin klasemen hanya berbeda 3 poin saja. Apa yang kemudian menjadi fokus riset atau pengembangan yang dilakukan Jonas Folger ? Diberitakan bahwa racer asal Jerman usia 25 tahun tersebut sedang fokus mengujicoba set-up atau pengaturan terbaru dari perangkat elektronik.

BACA (JUGA) : Rossi Ingin Yamaha Seperti Ducati, Berikut Ini Harapan The Doctor !

koizumi

Ada inovasi yang siap dipakai saat Jerez nanti. Ini berhubungan dengan lengkah meningkatkan top speed atau kecepatan puncak menyusul Honda yang sudah dapat melibas Ducati dalam data top speed. Yamaha memang kalah dalam top speed namun unggul saat masuk dan keluar tikungan. Itu hasil dari beberapa tes resmi dan sesi kualifikasi.

Oh ya, saat pengujian di Mugello, juga ikut melakukan tes adalah tim KTM dengan test ridernya Michele Pirro dan KTM dengan penguji Mika Kallio. Mantapnya lagi, pekerjaan Folger dilanjutkan di trek Misano, Italia selama 3 hari ujicoba. Serius sekali ya. Sangat intens !

Memang tidak ada pernyataan dari Yamaha ataupun dari bos tim Yamaha, Massimo Meregalli sehubungan pengujian yang dilakukan. Jadinya terkesan misterius ya ! Selain soal elektronik, apakah Yamaha akan menggunakan winglet atau sayap kecil dekat swingarm yang dipakai Ducati dan sekarang ini sedang dikembangkan Aprillia dan Honda ? Kita cek saja nanti ya bodykit M1 di Jerez. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like