Kerap Kalah, Honda Akan Pakai Pembalap MotoGP Di Balap Superbike 2020 ?

BeritaBalap.com-Honda Racing Corporation (HRC) makin serius dalam konteks balap superbike (WorldSBK). Beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa mereka sedang atau akan mempersiapkan motor baru dikarenakan perfoma Honda CBR 1000RR SP2 yang kurang bertaji. Selalu kalah dan berada di papan bawah klasemen sementara WorldSBK 2019.

Ditambah lagi hadirnya Ducati V4R yang punya tenaga 240 HP dan selalu podium juara dalam 4 putaran WorldSBK 2019 yang telah berjalan. Honda sendiri terakhir meraih jawara dunia WorldSBK musim 2007 (James Toseland). Kalau podium juara serinya terakhir di 2016 (Nicky Hayden).

BACA (JUGA) : Kalah Melulu, Honda Sedang Bangun Motor “Ekstrim” Seperti Ducati V4R, Target WSBK 2020

koizumi

Sekilas informasi saja, mulai 2019 ini pacuan Honda dipegang langsung HRC yang berkolaborasi dengan Moriwaki sehubungan sasis dan Althea (Italia) untuk urusan logistik. Sebelumnya ditangani Ten Kate Racing.

Lebih lanjut diberitakan bahwa HRC berupaya untuk mendapatkan pembalap MotoGP sebagai langkah penyesuaian jika nantinya motor terbaru hadir. Maksudnya, motor spesial, maka jokinya harus spesial juga. Ini yang dilakukan Ducati dengan merekrut Alvaro Bautista. Namun memang konteks ini terkendala dengan posisi dua racer Honda, Leon Camier dan Ryuichi Kiyonari yang memiliki kontrak hingga akahir 2020.

Kesepakatan kontrak ini hadir dahulu bersama Honda Motor Eropa sebelum kesepakatan dengan HRC. Paham ya sampai disini. Mungkin saja ada klausul bisa diganti dengan kompensasi uang. Itu yang pastinya akan didiskusikan internal jika memang semuanya sudah siap.

Kiyonari disebut punya posisi kuat karena merupakan pengembang motor yang baik, juga soal komunikasi dengan mekanik dan manajer HRC yang kesemuanya from Jepang. Oh ya, HRC juga memiliki test-rider seperti Hiroshi Aoyama, Takumi Takahashi dan Stefan Bradl bisa menjadi kandidat pembalap Moriwaki Honda. Kita tunggu saja, siapa pembalap MotoGP ataupun mantan MotoGP yang akan dipakai Honda nantinya ? BB1

Klasemen Sementara WorldSBK 2019 : 

Facebook Comments

You May Also Like