Komponen Yang Perlu Dicek Konsumen Pengguna Motor Sport

BeritaBalap.com- Tetap terjaganya perkembangan segmen motor sport turut dipengaruhi oleh inovasi yang menghadirkan berbagai model sesuai tren yang digemari masyarakat. Digunakan baik untuk harian maupun hobi, penggunanya pun perlu memperhatikan perawatannya agar mendukung performanya tetap baik.

Dengan begitu, berkendara motor akan selalu menyenangkan dan melancarkan aktivitas yang dijalankan. ”Perawatan motor sangat penting dilakukan, termasuk kategori motor sport. Konsumen wajib mengetahui berbagai komponen yang perlu diperhatikan dan memahami cara pengecekannya. Untuk itu, kami memberikan beberapa panduan yang dapat diikuti agar kondisi motor tetap terjaga dengan baik,” papar Riyadi Prihantono, Manager Service CS Divison PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berikut komponen yang perlu dicek oleh konsumen pengguna motor sport :

koizumi

1. Bahan bakar
Periksa saluran bahan bakar. Jika ada kebocoran tangki bahan bakar, cek saluran selang apakah ada sumbatan, retak atau rusak. Untuk memastikan jika ada kebocoran bahan bakar juga bisa dicek dengan penciuman, apakah ada bau bensin. Jika ada kebocoran, cek posisinya dan hindari dari percikan api.

2.Oli mesin
Periksa ketinggian oli mesin menggunakan stik oli dan periksa jika ada kebocoran oli di sekitar mesin. Dan biasakan mengganti oli secara rutin setiap 3,000 km di bengkel resmi Yamaha terdekat.

3.Cairan pendingin (air radiator)
Periksa ketinggian cairan pendingin di dalam reservoir. Jika kurang dapat ditambahkan cairan pendingin yang disarankan. Serta periksa jika ada kebocoran sistem pendingin.

4.Sistem pengereman
Periksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, serta memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem. Bersihkan kampas rem dari oli, pelumas, serbuk kampas rem pada permukaan rem dan komponen sekitarnya.

5.Kopling dan pemindah gigi
Periksa gerak bebas tuas kopling dan setel jika diperlukan. Pastikan perpindahan gigi dapat bergerak dengan normal dan setel jika diperlukan.

6.Rantai penggerak
Bersihkan dan lumasi rantai, serta periksa kekencangan rantai jika perlu setel di bengkel resmi Yamaha terdekat. Gunakan produk pelumas rantai yang disarankan.

7.Kondisi ban
Cek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal. Tekanan ban normal ban depan : 200 kPa/ 29 psi dan ban belakang : 225 kPa/33 psi.

8.Periksa kondisi battery / accu
Cara yang paling mudah dengan cek fungsi starting dan klakson jika masih berfungsi artinya aki dalam kondisi OK. Jika Anda memiliki multitester, maka battery / accu kondisi yang OK memiliki tegangan >12.4 volt. Jika hasil ukur di bawah angka tersebut, lakukan pengisian ulang di bengkel resmi Yamaha.

9.Bersihkan motor dan lumasi
Jika motor parkir selalu di ruang terbuka, bersihkan motor dari debu dan kotoran lainnya secara rutin. Atau setelah motor terkena hujan baiknya motor dicuci untuk menghindari karat pada komponen sepeda motor. Setelah itu lumasi lubang kunci, tutup tangki, handle grip kiri kanan dan bagian lainnya.

Pengecekan sejumlah bagian penting dari sepeda motor yang dapat dilakukan oleh konsumen sendiri itu turut membantu jika ditemukan ada kendala yang harus diantisipasi.
Konsumen pun dapat memanfaatkan Service Kunjung Yamaha (SKY) yang dapat dilakukan di tempat tinggal konsumen dengan bantuan teknisi Yamaha untuk perawatan berkala.

Saat ini pun makin dipermudah dengan ketersediaan aplikasi My Yamaha Motor yang memberikan informasi mengenai SKY dan lokasi jaringan resmi Yamaha terdekat serta petunjuk mengenai cara pengecekan komponen motor. Serta jika dibutuhkan layanan service yang harus dikerjakan di bengkel resmi Yamaha, cukup mengakses informasi dari aplikasi tersebut. Beragam manfaat lainnya pun bisa diperoleh seperti riwayat perawatan motor konsumen, produk, event dan promo menarik dari Yamaha. Tim

Facebook Comments

You May Also Like