Kronologi Tim Razlan Razali (RNF) Yang Hampir Bangkrut, Ditolong Dorna Dan Dipertemukan CryptoDATA

BeritaBalap.com-Tim MotoGP milik Razlan Razali (RNF) yang notabene berasal dari Malaysia hampir saja bangkrut. Hampir tutup buku jika tidak dibantu Dorna Sports selaku promotor penyelenggara balap MotoGP.

BACA (JUGA) : Mantan Manajer Suzuki Livio Suppo Ungkap Quartararo Hampir Saja Bergabung

Ini berawal dari tidak tercapainya kesepakatan antara Yamaha dan manajemen RNF sehubungan kontrak (2023). Yamaha inginnya 1 tahun karena melihat kondisi keuangan tim RNF yang sangat sulit. Ini pernah diungkapkan oleh Lin Jarvis selaku Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing.  Sedangkan Razlan Razali selaku pemilik tim RNF maunya 2 tahun. Disini tidak ketemu.

koizumi

Lebih lanjut, ada proses tawaran dari Aprilia yang berani membayar gaji dua pembalap rekrutan RNF 2023 (Miguel Oliveira dan Raul Fernandez). Namun tetap saja sponsor itu sangat penting untuk operasional tim.

BACA (JUGA) : Marquez Kritik Keras 8 Ducati Yang Membuat Kompetisi Tidak Sehat, Disebutnya Ducati Cup

Pada sisi lain, sejak September, sponsor utama WithU sebagai perusahaan energi Italia memutuskan untuk mengundurkan diri secara mendadak. Krisis energi di Eropa terjadi akibat perang Rusia dan Ukrania. Sampai disini, kondisinya tambah kronis.

Dalam hal ini, Dorna mengambil peran penting. Mempertemukan sponsor baru CryptoDATA, perusahaan tehnologi asal Rumania. Proses berjalan lancar namun memang Razlan Razali harus melepas saham mayoritasnya kepada bos CryptoDATA, Ovidiu Toma dan Bogdan Maruntis.

BACA (JUGA) : Menurut Jorge Lorenzo, Siapa Yang Terbaik Diantara 3 Juara Dunia MotoGP 2020-2022 ?

Maka dari itu sejak test Valencia Spanyol awal November lalu, logo CryptoDATA sudah tampil menonjol. Razlan Razali diplot tetap dipercaya mengurus tim balap, sedangkan urusan pemasaran dipegang langsung CryptoDATA.

“Ini merupakan tahun yang sangat menuntut dan sulit bagi kami dalam segala hal. Dari hasil para pembalap, hingga transisi dari Yamaha ke Aprilia, hingga pensiunnya mitra kami WithU. Ini membuat kami kesulitan karena tim itu 80 hingga 90 persen bergantung pada sponsor, “ujar Razlan Razali yang dikutip dari Speedweek.

BACA (JUGA) : Bagnaia Pecco Cerita Kehidupan Pribadi Setelah Raih Juara Dunia MotoGP

“Tetapi ketika berita penarikan WithU datang tepat sebelum akhir pekan Aragon, kami bertemu dengan CryptoDATA Tech di Aragon pada hari Sabtu. Mereka telah mendengar tentang masalah yang kami alami dengan WithU. Dan yang mengejutkan, saya mengetahui bahwa mereka sudah bermitra dengan Dorna, “tambah Razlan Razali. BB1

Facebook Comments

You May Also Like