KTM Uji Coba Fairing Siluman

BeritaBalap.com – Selama shakedown test di Sepang, seluruh tim berupaya menggali potensi motor yang akan digunakan untuk musim 2020. Beberapa tim memiliki agenda cukup banyak untuk mencari sisi positif motor 2020 sambil mencari afek negatifnya.

Rata-rata, semua tim mencari informasi sebanyak-banyaknya dari elektronik, geometri rangka hingga aerodinamika. Bahkan Honda sendiri sangat fokus terhadap sasis.

BACA (JUGA) : Shakedown Tes Sepang Day 2 : KTM Dekati Lap Rekor Quartararo

koizumi

Sama halnya dengan KTM, selain sasis dan elektronik ternyata juga ketahuan sedang mengembangkan aerodinamika terbaru. Pengamat MotoGP memberi julukan dengan nama stealth fairing alias fairing siluman.

Desainnya memang berbeda. Bagian air intake lebih besar dengan dimensi vertical. Mirip seperti yang diaplikasi Yamaha, Ducati dan Aprilia.

Demikian pula dengan winglet. Bagian tersebut memiliki didesain seperti sayap pesawat siluman. Bukan hanya bagian sayap, di pinggiran fairing bagian atas yang menggembung, ujungnya dibuat bergerigi.

BACA (JUGA) : Gagal Rekrut Vinales Dan Quartararo, Ducati Fokus Alex Rins (2021), Tetapi…

Hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi kepada KTM keperuntukan gerigi pada fairing baru tersebut.

Menurut beberapa analisa, KTM ingin memaksimalkan alira udara saat di trek lurus untuk menggapai top speed tinggi. Bisa jadi tujuannya adalah untuk membuat aliran udara laminer ketika lepas dari fairing bagian depan. Efeknya, gaya drag KTM RC16 pun makin minim. WIC

Facebook Comments

You May Also Like