Marquez Juara Dunia MotoGP 2017 Karena Tinggal 4 Seri ? Ini Catatan Sejarah Sejak 1993 !

Beritabalap.com-Menarik mencermati bagaimana perjalanan sejarah MotoGP sejak 1993 dimana sebagian besar atau lebih dari 98 persen juara dunia MotoGP diraih pebalap yang memimpin hingga 4 seri tersisa. Saat ini, Marc Marquez yang pimpin klasemen sementara. Jaraknya 16 poin dengan Andrea Dovizioso (Ducati).

Rider Repsol Honda ini berpeluang raih gelar juara dunia MotoGP 2017 yang masih menyisakan 4 putaran (Motegi-Jepang, Philip Island-Australia, Sepang-Malaysia, Valencia-Spanyol). Mengacu sejarah, hanya dua kali saja pemenang MotoGP yang bukan dari pemimpin klasemen sebelum 4 putaran tersisa.

Sekali lagi ditegaskan, hanya dua kali saja yang meleset atau berbeda dalam kurun 23 tahun. Mulai tahun 1998, saat dimana Max Biaggi memimpin 4 nilai atas Mick Doohan, namun pada akhirnya Doohan menang dengan selisih 52 poin. Lanjut MotoGP 2015, saat Rossi unggul 14 nilai atas Jorge Lorenzo, tetapi Lorenzo yang raih juara dunia dengan gap 5 poin.

koizumi

Catatan penting lainnya, bahwa posisi ke-3 klasemen sementara tidak pernah menang. Dalam hal ini sehubungan Maverick Vinales (Movistar Yamaha) yang ada di deretan ke-3 klasemen sementara MotoGP 2017. Tentu saja, kondisi demikian tidak berlaku mutlak. Bisa saja catatan sejarah tadi kembali berubah. Semua kemungkinan bisa saja terjadi. BB1

Facebook Comments

You May Also Like