Mekanik Andri Bol Sebut Rahasia Jupiter 5TP Aldiaz Aqsal, Jawara Race 1 Grand Final LFN HP969 Road Race 2023 Sentul

BeritaBalap.com-Siapa sangka karakteristik motor Aldiaz Aqsal juga menjadi kunci kemenangan gemilangnya di kelas MP2 pada race-1 hajatan Grand Final LFN HP969 Road Race Championship 2023 di Sirkuit Sentul (30-31 Des) ! Ini tentu adalah akibat langsung dari Andri Bol, mekanik handal motor 5TP milik Aldiaz Aqsal.

Aldiaz Aqsal Terbaik Kelas 5TP yang notabene mengandalkan pacuan Jupiter Z

Motor 5TP karya Andri Bol tersebut ternyata tidak hanya sekadar kencang melainkan memiliki karakter yang bersahabat dengan Sentul. Tentu ini tak terlepas dari rasio gir yang diakali agar mengurangi torsi galak 5TP.

“Rahasianya di gigi ke-2, saya membuatnya lebih berat agar tak mudah ngeslide atau liar di bawahnya. Namun, ada hal lebih dalam, penyesuaian dengan trek Sentul ternyata memainkan peran penting, “ungkap Andri Bol usai balapan seru pada 30 Desember 2023 di Sirkuit Sentul.

koizumi

Penyesuaian gigi ke-2 pun menjadi sorotan, terutama di tikungan kritis seperti ke-6, sesudah parabola yakni ke-9, ke-10, dan ke-12. Keputusan tersebut menjadi kunci untuk menjaga ketahanan tenaga motor, memastikan Aldiaz Aqsal tetap bertenaga hingga lap terakhir.

Perubahan pada gigi, rasio ini tentu juga sedikit menggeser peak power, yang mencapai 27 Horse Power pada 12.700 RPM. Andri Bol mengungkapkan bahwa sebelumnya peak power berada di angka 11.000 RPM, namun torsi tetap stabil di angka 18 Nm.

Sementara joki handal Aldiaz Aqsal berhasil mempertahankan posisinya dengan piawai hingga lap terakhir. Kombinasi setting motor yang cermat dan keahlian mengemudi membawa Aldiaz Aqsal meraih kemenangan gemilang di Final LFN HP969 Road Race Championship 2023. Siborong-Borong

Facebook Comments

You May Also Like