Memori Jerez 1999 : Mick Doohan Jatuh Dan Akhiri Karir Balapnya

BeritaBalap.com-Ternyata Sirkuit Jerez Spanyol yang akan menjadi venue dari seri ke-4 MotoGP 2019, akhir pekan ini (3-5 Mei) memiliki memori spesial bagi Mick Doohan, juara dunia GP500 sebanyak 5 kali berturut-turut mulai tahun 1994 hingga 1998. Racer asal Australia tersebut jatuh dalam kecepatan lebih dari 230 km/jam pada latihan bebas di trek Jerez pada 7 Mei 1999. Itu setelah trek diguyur hujan dan memang ada beberapa area yang masih licin.

Pada akhirnya, setelah 7 bulan kejadian, tepatnya di Bulan Desember, Doohan memutuskan untuk pensiun dari dunia balap. Cedera serius pada lutut menjadi halangannya untuk dapat tampil maksimal. Oh ya, saat itu Doohan mengusung tim Repsol Honda namun memang masih era mesin bakar 2 langkah (NSR500).

Sekilas informasi saja, di tahun 1997, Doohan pernah mencatat rekor 12 kali kemenangan dalam satu musim kompetisi. Ini yang kemudian dipecahkan Marc Marquez dengan 13 kali podium juara (2014). Setelah pengunduran dirinya, Mick Doohan sempat bekerja untuk waktu yang singkat sebagai General Manager Balap di Honda dimana ia menjabat sebagai mentor Rossi.

koizumi

Sesekali pula dia melakukan pekerjaan sebagai komentator televisi. Kemudian saat ini Mick Doohan fokus dalam bisnis penerbangan, dimana ia sekarang menjalankan bisnis multi-juta dolar. Dia membeli, menjual, dan menyewa pesawat di Gold Coast Australia. BB1

Facebook Comments

You May Also Like