Moto3 Barcelona : Banyak Rider Jatuh, Bastianini Sempurna, Jawara !

BeritaBalap.com-Begitu ketat sejak 10 lap terakhir. Begitu kata yang tepat dalam menggambarkan perjalanan balap (21 lap) kategori Moto3 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (17 Juni). Makin menegangkan karena terjadi beberapa kali crash alias insiden yang melibatkan banyak pembalap. Banyak yang kemudian tidak melanjutkan lomba.

Sebetulnya, sejak lap awal didominasi Jorge Martin (Del Conca Gresini Moto3) dan Tatsuki Suzuki (SIC58 Squadra Corse). Duo rider ini yang meninggalkan lawan-lawannya dan menjadi rombongan tersendiri di depan. Namun  saat masih tersisa 13 lap, justru Jorge Martin terjatuh di tikungan ke-9.

Alhasil, Tatsuki Suzuki yang sebelumnya ada di deretan ke-2 rada kaget dengan insiden ini dan sempat menurunkan laju motornya. Kondisi ini yang kemudian membuat pertarungan menjadi sangat ketat. Enea Bastianini, Aron Canet, Jaume Masia, Nicolo Bulega, Andrea Migno dan John McPhee serta Marco Bezzecchi masuk top-group.

koizumi

Mereka semua punya peluang sebelum bendera finish dikibarkan. Nah saat tersisa 6 lap, kembali terjadi crash yang melibatkan 3 racer yang terjatuh bersamaan. Mulai Bulega, Canet dan Arenas. Mereka tidak meneruskan race. Lagi-lagi, saat tersisa 4 lap, dua pebalap mengalami di tikungan akhir. Yaitu Andrea Migno dan Jaume Masia. Ini yang jadi bukti banyaknya petarung yang jatuh.

Pada akhirnya, Bastianini berbendera tim Leopard Racing dan berusia 20 tahun menyempurnakan perjuangannya. Raih pole-position dan raih pula podium juara Moto3 Barcelona. Meneruskan dominasi Honda atas KTM di strata Moto3.

Finish ke-2nya milik Marco Bezzecchi (Redox PruestelGP) yang notabene tetap berada di pucuk pimpinan klasemen sementara. Lanjut podium ke-3 milik Gabriel Rodrigo (RBA BOE Skull Rider) dan ini podiumnya untuk pertama kalinya. Oh ya, podium ke-2 dan ke-3 tersebut adalah penunggang KTM. Di bawah ini hasil lengkap juara Moto3 Barcelona. BB1 (Foto : MotoGP)

 

Facebook Comments

You May Also Like