MotoGP Dalam Masa Peralihan, Dominasi Marquez Akan Runtuh 2-3 Tahun Lagi

BeritaBalap.com – Banyak pengamat mengkritik MotoGP mulai membosankan. Dominasi Marc Marquez terlalu kuat beberapa tahun belakangan. Ini mirip ketika zaman Valentino Rossi di masa keemasannya beberapa tahu lalu.

Sadar tidak sadar, saat ini MotoGP berada di tengah masa peralihan. Generasi tua mulai lewat, sementara generasi muda sudah bermunculan. Dan generasi Marc Marquez berada di tengah-tengah.

GP Thailand bisa dijadikan sebuah ilustrasi besar bagaimana masa peralihan mulai terjadi di MotoGP. Di pole position nangkring nama generasi muda yakni Fabio Quartararo, 20 tahun. Di sampingnya, Maverick Viñales, 24 tahun, dua tahun lebih muda dari Márquez yang berusia 26 tahun.

Di belakang mereka, masih ada dua rider lagi berusia 24 tahun yakni Franco Morbidelli dan Jack Miller. Mengapit generasi di atas Marquez yakni Danilo Petrucci yang berusia 28 tahun. Selain Petrucci, untuk generasi di atas Marquez lainnya masih ada Pol Espargaro 28 tahun dan Aleix Espargaro 30 tahun.

Di baris ketiga, 2 veteran dan seorang rider muda lainnya yaitu Joan Mir, 22 tahun, dan generai paling tua adalah Valentino Rossi 40 tahun. Masih ada pula Andrea Dovizioso, pada usia 33 tahun.

Pertukaran generasi ini nampaknya akan mulai terasa 2 sampai 3 tahun mendatang. Dimana rider muda macam Alex Rins, Fabio Quartararo, Joan Mir dan Maverick Vinales makin matang. Artinya dominasi Marc Marquez mulai akan runtuh pasca para rider muda makin matang pengalaman.

Menurut Davit Emmet seorang journalist MotoGP, mengatakan, “Saat ini generasi MotoGP sudah dimulai masa peralihan. Dimana yang muda akan muncul melawan sang dominator, sedangkan yang tua akan tumbang satu per satu,” tuturnya.

Hal ini wajar karena seorang dominator akan dijadikan patokan untuk mengejar ketertinggalan. Dalam hal ini Marc Marquez menjadi target utama untuk dikalahkan.

Banyak pabrikan terus menerus mengembangkan motor tanpa henti. Teknologi baru kian bermunculan. Aerodinamika, alat tambahan seperti holeshot device hingga swingarm carbonfibre bukan hal yang aneh. Dan rider-rider yang akan menikmati hasil pengembangan perangkat tersebut adalah rider muda. WIC

BACA (JUGA) : Ternyata Quartararo Liburan Ke Bali Pasca MotoGP Thailand, Ini Foto Eksklusifnya
BACA (JUGA) : Tiap 4 Seri Marquez Ganti Baju Balap Baru
BACA (JUGA) : Saat Jatuh, Data Menyebutkan Marquez Bagai Dihantam Truk Tronton

Facebook Comments

You May Also Like