Ngabuburit Dengan Honda ADV 150 Matic Adventure Paling Nyaman Di Kelasnya

BeritaBalap.com – Kali ini penulis ingin ngabuburit dengan menggunakan Honda ADV 150 yang kebetulan unitnya disediakan oleh PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Main dealer Honda Jatim dan NTT, kali ini ngabuburitnya menuju Ranu Kumboro Jawa Timur yang punya pemandangan yang indah dengan kondisi jalan yang cocok dengan karakter Honda ADV 150.

Sejak awal muncul, Honda ADV 150 sudah menarik perhatian penulis, makanya baru kali ini jalan-jalan dengan ADV 150 mencoba merasakan sensasinya saat digunakan di medan yang sesuai dengan tampangnya.

Dimulai dari posisi duduk Honda ADV 150 yang ternyata beda berbeda dengan PCX 150. Untuk di ADV 150 terasa tinggi karena jarak jok dari tanah mencapai 795 mm, sedang PCX 150 hanya 764 mm.

koizumi

Buat pengendara di bawah 170 cm dijamin jinjit saat menaiki Honda ADV 150 ini. Triknya biar bisa menapak, saat berhenti duduknya mesti maju ke bagian yang tirus, atau cukup turun satu kaki saja.

BACA (JUGA) : Keren ! ADV150 Urban Exploride Jelajahi Kawasan Wisata Gunung Merapi

Setang Fatbar Disesuaikan Dengan Konsep Adventure

Pada bagian setang, posisi yang ditawarkan beda dengan skutik kebanyakan. Itu dikarenakan menggunakan setang fatbar yang disesuaikan konsep adventure.Dimensi setangnya lebar sehingga tangan mesti membuka lebar, tapi posisinya dekat dengan badan, jadi siku cukup menekuk, efeknya jadi lebih sigap.

Dengan bobot 133 kg (ABS), handling ADV 150 terbilang lincah. Untuk meliak-liuk di kemacetan sangat mudah, karena didukung rake rapat 26,3° dan sudut belok setang yang lebar.

Sementara suspensi belakang yang dilengkapi subtank kalau untuk sendiri memang cukup keras, tapi jika digunakan untuk berboncengan justru suspensi nya terasa nyaman meski digunakan di medan yang bergelombang atau jalanan makadam sendiri.

BACA (JUGA) : Mantap ! Honda ADV150 Jadi Skutik Resmi Sirkuit Mandalika

Jok Lebar Dan Nyaman Cocok Untuk Perjalanan Jauh

ADV150 ini punya ground clearance tinggi, mencapai 165 mm (PCX 150 hanya 137 mm), membuatnya sangat aman ketika diajak melibas jalan tak rata saat off road ringan.

Oiya dengan ground clearance tinggi, yang artinya center of gravity (COG) juga lebih jauh, ada pula kelemahannya yaitu saat menikung kencang rasanya tak semantap motor yang punya COG lebih rendah, misal dibanding PCX 150.

BACA (JUGA) : AHM Umumkan Harga Motor Sport Adventure Touring New CB150X

Ban Dua Alam

Beralih ke bagian ban dengan kembangan yang mengotak khas tunggangan adventure, komponnya jika dicolek sangat empuk. Di aspal mulus terbilang lengket, di jalan semi off road juga punya grip yang cukup bagus dan bisa dibilang sebagai ban dua alam.

Performa

Pakai mesin yang sama dengan PCX 150, tapi di ADV 150 ada beberapa perubahan, yaitu di bagian intake, exhaust dan mapping ECU, juga beda di CVT yang pakai roller lebih berat, tepatnya 20 gram (PCX 150 17 gr) dan per CVT lebih panjang.

Dengan beberapa perubahan itu, jika dibanding PCX 150 klaimnya tenaga ADV150 lebih kecil namun torsi lebih besar. ADV150 punya tenaga 14,4 dk di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 6.500 rpm, tenaga 0,2 dk lebih kecil namun torsinya 0,6 Nm lebih besar dibanding PCX 150.

Dengan tenaga lebih kecil, ditambah pakai roller berat dan per keras, hasilnya respon tiap buka gas jadi lebih smooth, makanya catatan akselerasi ADV150 lebih lambat jika dibanding PCX 150.

BACA (JUGA) : MPM Adakan Test Ride Batasi 100 Peserta Rasakan Sensasi Berkendara New Honda CB150X

Keindahan Ranu Kumboro Jawa Timur Dengan Medan Yang Cocok Untuk Honda ADV 150

Utamanya untuk meraih kecepatan tertentu, ambil contoh 0-60 km/jam, ADV150 butuh 5,4 detik sementara PCX 150 hanya 5,2 detik. Data lengkap lihat di tabel;

Meski tarikan awal lebih kalem, namun di kecepatan menengah atas berkendara pakai ADV150 justru lebih enak, utamanya cruising 60 km/jam hingga 80 km/jam mesin sangat rileks dan terasa halus. Ini tentu posisi ketika roller yang berat sudah terlempar ke posisi luar.

Fitur & Teknologi

Untuk bagian pencahaan lampu LED yang digunakan ADV150 ternyata cukup terang dan fokus, yang tentu saja putih khas LED. Bagian konsol di bawah setang kiri yang mirip laci ini ternyata bisa muat botol minum kendati untuk ukuran 600 ml.

Sementara kalau bagasi di bawah jok dengan kapasitas 28 liter memang tergolong lega, berbagai bekal perjalanan bisa masuk ke dalamnya.

‘Topi’ Mempermudah Pengendara Melihat Panel Speedo Meter Saat Siang Hari

Kerennya lagi, ADV 150 sudah dilengkapi dengan keyless, anak kunci tinggal dimasukkan ke kantong, tiap akan berkendara tinggal pencet kenop dan diputar ke I (ignition), saat akan buka bagasi atau tangki tinggal putar kenop ke posisi seat/fuel dan tekan tombol di sampingnya.

Windscreen-nya fungsional banget, saat berkendara malam, biar tak terlalu dingin tinggal naikkan adjustable windscreen ke posisi tinggi untuk menghalau angin. Kalau siang, yang butuh embusan angin agar tak gerah tinggal turunkan. Caranya tinggal tarik pengunci dan geser windscreen naik atau turun. CHR

 

Facebook Comments

You May Also Like