Pendiri Aprilia ‘Ivano Beggio’ Meninggal Dunia, Pelopor Awal GP250 (1989)

BeritaBalap.com-Kabar dukacita menyelimuti Aprilia. Bahwa salah satu pendiri dari pabrikan asal Italia ini, Ivano Beggio meninggal dunia kemarin malam waktu Italia (12 Maret) dalam usia 73 tahun. Sempat dibawa ke Rumah Sakit di Montebelluna, dekat Tarvisio, Italia namun kemudian tidak tertolong dan dipanggil Yang Kuasa.

Lebih lanjut dipahami, Ivano Beggio sendiri mengawali karirnya sebagai mekanik. Sejak awal Ivano Beggio memang memiliki tujuan untuk memproduksi motor. Nah, tahun 1963 adalah waktunya saat ayahnya mengakuisi perusahaan. Bahkan motor pertamanya bernama Ivano Beggio. Itu tahun 1964.

Tahun 1987, Aprilia menjadi berita utama dengan langkah ambil bagian di balap internasional untuk pertama kalinya dengan mesin Rotax. Pebalap Loris Reggiani merayakan kemenangan pertama Aprilia di Misano (1987). Makin mantap, tahun 1989 pertama kalinya Aprilia tampil full-series di GP250 dengan pebalap Ivan Palazzese dan Didier de Radigues. Jadi Ivano Beggio pelopor awal Aprili tarung semua seri GP250.

koizumi

Yang pasti pula, dibawah arahan Ivan Beggio, Aprilia memenangkan 23 gelar juara dunia (125 dan 250 cc) dan jawara 120 kali balapan. Max Biaggi, Valentino Rossi dan Loris Capirossi pernah bergabung di Aprilia. Total saat Aprilia sudah memegang 54 gelar juara dunia dalam banyak cabang balap yang diikuti. BB1

Facebook Comments

You May Also Like