Penting Diperhatikan Agar Aki Motor Tidak Tekor

BeritaBalap.com – Aki adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor, aki sendiri berfungsi sebagai penyuplai kelistrikan pada sepeda motor. Fungsi aki lainnya yang lebih penting adalah untuk membantu saat pertama kali menghidupkan motor melalui electric starter.

Selain menjadi kunci utama agar starter motor dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti head lamp, lampu sign dan lampu indikator lainnya.

Pada dasarnya aki dibedakan menjadi 2, yaitu Aki Basah dan Aki Kering. Aki Basah di dalamnya memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4), sedangkan untuk aki jenis ini diperlukan perawatan secara berkala, karena cairan di dalam aki harus tetap terjaga pada batas diatas minimal agar aliran arusnya bisa maksimal dan membuatnya tidak mudah rusak.


Untuk aki kering mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit, gel tersebut memiliki sifat yang sulit menguap. Bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga tidak perlu melakukan proses isi ulang seperti pada aki basah. Oleh karena itu aki tipe ini dikatakan maintenance free (bebas perawatan).

Berikut tips perawatan aki motor yang bisa dilakukan oleh konsumen Honda di rumah, langkah pertama lakukan pengecekan ketinggian air aki setiap sebulan sekali. Tambahkan air aki jika ketinggian ari aki dibawah garis minimum dan jangan menambahkan air aki melebihi batas atas.

BACA (JUGA) :   Setelah Resmi Dikenalkan PT MPM, Ini 4 Konsumen Pembeli Pertama Di Surabaya

Perawatan Aki Musti Cek Secara Berkala

Langkah kedua lakukan pengecekan tegangan aki secara berkala. Apabila tegangan berkurang maka tambahkan muatan listrik dengan menyentrum ulang. Untuk tahap terakhir bersihkan terminal aki secara berkala dari kotoran atau karat agar aliran listrik tetap stabil.

“Hindari aksesoris kelistrikan berlebih dan panaskan motor secara berkala di pagi hari, khusus untuk unit motor dengan type yg memiliki fitur Honda smart key system maka diwajibkan untuk mengatur posisi smart handle lock di posisi OFF saat motor dimatikan “ kata Budi Purwanto Kepala Bengkel AHASS MPM Motor Pasuruan.

Konsumen dapat melakukan perawatan motor Honda ke AHASS MPM Motor Pasuruan, dapatkan program promo perawatan maupun pembelian part dan oli.

PT Astra Honda Motor sebagai produsen sepeda motor Honda di Indonesia mengeluarkan Battery pada sepeda motor Honda, dan produk Honda Genuine Battery. Tipe Battery yang banyak digunakan di sepeda motor Honda adalah GTZ5S (31500KPH881) dan GTZ6V (31500KZR602).

Battery tipe ini dominan digunakan di sepeda motor Honda baik untuk tipe Matic dan Cub. Honda Battery sendiri memiki 5 keunggulan diantaranya lebih aman, bebas bocor, lebih awet, lebih stabil dan anti tumpah.

Pada pemakaian normal dan dengan perawatan teratur, Honda Battery tahan hingga 2 sampai 2,5 tahun. Konsumen dapat melakukan pemesanan spare part asli Honda melalui website resmi di www.mpmhondajatim.com dan juga bisa melalui aplikasi Brompit.

Honda Genuine Parts merupakan suku cadang asli Honda yang direkomendasikan oleh PT. Astra Honda Motor, sehingga menjamin keaslian suku cadang Honda yang akan digunakan untuk motor kesayangan. TIM

Facebook Comments

You May Also Like