Perdebatan Seru “Diskusi OnePrix 2024” : Uang Deposit 50 Juta dan Tim Balap Itu Berbadan Hukum

BeritaBalap.com-Dalam kesempatan ngobrol bareng tim dan penyelenggara (OMM) dengan frame “Diskusi OnePrix 2024” pada Rabu lalu, muncul 2 topik menarik. Bahkan diperdebatkan. Itu soal uang deposit 50 juta dan tim balap itu berbadan hukum, misal dibuatkan PT (Perseroan Terbatas). Sebelum kita membahas lebih lanjut, jadi ini konteksnya wacana yang masih diperdebatkan ya. Belum diputuskan resmi.

Pertama, soal uang deposit 50 juta. Apapun sistemnya, misal per-rider ataupun per-kelas, maka itu dianggap memberatkan tim. Padahal di awal tahun, sudah jadi tradisi jika tim itu butuh biaya yang besar untuk persiapan motor. Belum lagi soal riset. Terlebih tim-tim berbasic Yamaha MX King yang harus membangun motor baru karena aturan teknik baru IMI yang membatasi RPM (14.500), diameter klep dan lain-lain karena dianggap terlalu dominan.

Terlepas daripada uang deposit ini akan dikembalikan kepada tim saat akhir kompetisi, tetapi menjadi beban yang relatif berat bagi mereka. Disitu masalah seriusnya. “Bagaimana kalau 5-6 pembalap dan main di beberapa kelas. Bisa 250-300 juta ataupun lebih kita siapkan uang untuk bayar deposit, “ujar Mr. A selaku manajer tim pabrikan yang tidak mau disebutkan namanya. Tetapi dia hadir langsung dalam acara “Diskusi OnePrix” tersebut.

koizumi

BACA (JUGA) : Peraturan OnePrix 2024 Belum Fix Juga ? Kasihan Manajemen Tim Masih Wait And See !

Prediksi penulis, uang deposit ini akan digunakan pihak penyelenggara (OMM) untuk membantu biaya operasional penyelenggaraan Kejurnas OnePrix 2024. Jadi digunakan dahulu sebelum para sponsor mencairkan dananya di pertengahan ataupun akhir musim OnePrix 2024.

Lebih lanjut, soal tim balap yang diarahkan untuk menjadi sebuah badan yang berkekuatan hukum, juga menjadi discuss yang seru. Hadir perdebatan sengit. Berbagai asumsi muncul sehubungan hal tersebut. Misal soal biaya pengurusan badan usaha berkuatan hukum seperti PT dan prosesnya yang relatif lama, kemudian juga beban biaya pajak dan lain-lain.

BACA (JUGA) : Haji Putra Rizky Pastikan Support SCP 2024, Langsung 3 Brand LFN-HP969-Sederhana SA

Pertanyaan sederhana dari teman-teman pelaku balap, kenapa OnePrix 2024 tidak menjalankan yang sudah ada sebelumnya saja ? Diharapkan untuk tidak membuat beban lanjutan kepada tim, yang mana trend biaya balap itu semakin tinggi dan juga dukungan sponsor kepada tim balap dianggap relatif tidak signifikan.

Semoga ada win-win solution. Ada solusi terbaik. BB1

Facebook Comments

You May Also Like