Posisi Akhir ke-16 CEV Moto3, Akankah Mario SA Naik Level Moto3 Dampingi Yuki Kunii (2021) ?

BeritaBalap.com-Mario Suryo Aji, identik dan populer disebut Mario SA sudah menyelesaikan balapan FIM CEV Moto3 musim 2020 ini. Klasemen akhir dari penunggang Honda NSF250 ini adalah ke-16. Ini lebih baik dari output 2019 lalu yang ada di deretan ke-18.

Menjadi pertanyaan menarik dan kritis, kemana proyeksi Mario SA yang tahun 2021 akan memasuki usia 17 tahun ? Apakah tetap setia di hajatan yang sama, termasuk ikut juga KTM MotoGP Rookies Cup ? Artinya siap bersaing di tahun ketiga. Atau kemudian, apakah dapat melangkah ke level diatasnya yaitu Moto3 ?

BACA (JUGA) : Race 1-2 CEV Moto3 Valencia (Minggu) : Klasemen Akhir Mario SA Ke-16, Izan Guevara (16 Tahun) Jawara Umum

koizumi

Jawabannya ada 3 kemungkian. Pertama, jawabnya ialah yes alias oke naik strata ke Moto3 tapi skip dahulu. Jawaban kedua, ditunda dahulu hingga 2022, sedangkan jawaban ketiga adalah masih dalam proses negosiasi karena balap Moto3 sendiri masih menyisakan 3 putaran, itu 2 kali di Valencia dan final di Portimao, Portugal.

Tetapi diprediksi kuat, ada kursi kosong di tim Idemitsu Honda Team Asia. Ini ditinggalkan oleh Ai Ogura (19 tahun) yang rumornya semakin kuat untuk naik ke level Moto2. Dalam hal ini, menggantikan petarung Indonesia, Andi Farid Izdihar.

Prestasi signifikan Ai Ogura yang saat ini ada di posisi ke-2 klasemen sementara Moto3 menjadi alasan logis untuk “naik kelas”, terlebih Honda Jepang selaku principal dan punya gengsi belum punya pembalap di Moto2.

Memang ada Nagashima tetapi bermukim di pabrikan Eropa (KTM). Ai Ogura juga sudah 2 tahun full series di Moto3. Talentanya diproyeksikan menuju MotoGP. Boleh jadi gantikan Nakagami di range waktu 2023-2025.

Kembali ke peluang Mario SA, apakah memang layak untuk mendampingi Yuki Kunii yang notabene rookie Moto3 tahun 2020 ini ? Kunii sendiri saat ini berumur 17 tahun (lahir 8 Februari 2003). Doi adalah posisi ke-7 dalam klasemen akhir FIM CEV Moto3 (2019).

Tahun ini memang Kunii belum memperoleh poin di balap Moto3. Seperti ditegaskan sebelumnya, jika di usia 17 tahun Mario SA masuk ke level Moto3 (2021) dan secara tradisi berjalan 2 tahun karena tahun pertama dianggap sebagai proses adaptasi, maka ini adalah  langkah yang tepat ketika nanti naik Moto2 di umur 19 tahun. BB1 (Ket FOTO : Istimewa)

Klasemen Akhir FIM CEV Moto3 :

Facebook Comments

You May Also Like