Profil Joan Mir (23 Tahun), Jawara Dunia MotoGP 2020, Jawara Dunia Moto3 (2017)

BeritaBalap.com-Joan Mir yang berasal dari Mallorca, Spanyol sukses meraih jawara dunia MotoGP musim 2020 ini. Pundi poinnya sudah tidak terkejar lagi walaupun masih tersisa 1 putaran di Portimao, Portugal (22 November).

So, ini pencapaian spesial bagi rider tim Suzuki Ecstar tersebut. Terlebih dalam usia yang relatif muda, 23 tahun. Yuk kita cermati sekilas perjalanan karirnya ! Pada awalnya Joan Mir bersaing di FIM CEV Moto3, dimulai tahun 2013.

Lanjut 2015 ke strata Moto3. Yang menarik dicermari, bahwa talenta Joan Mir terlihat meroket saat meraih juara dunia Moto3 di tahun 2017. Itu masuk tahun ke-3 bersama tim Leopard Racing.

koizumi

BACA (JUGA) : Race MotoGP Valencia : Morbidelli Jawaranya, Joan Mir Pastikan Juara Dunia Walau Finish Ke-7

Sesuai tradisi, maka naik ekals Moto2 di tahun berikutnya. Nah, ternyata saat berada di Moto2 (2018), sepak-terjang Mir menarik perhatian Suzuki untuk merekrutnya di tahun 2019. Mir menggantikan posisi Andrea Iannone. Oh ya, di Moto2, Mir mengakhiri perjalanannya di posisi ke-6.

Jadi di Moto2 hanya 1 tahun saja. Musim MotoGP 2019 memang kurang bersinar. Mir ada di posisi ke-12 secara keseluruhan. Sosoknya kalah dengan talenta Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang memang bersaing ketat dengan Marc Marquez (Repsol Honda).

BACA (JUGA) : Apa Kata Brivio Yang Hantar Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020 ?

Namun seiring perkembangan dari perfoma mesin Suzuki GSX-RR yang signifikan, maka skillnya makin terlihat. Konsisten meraih poin hingga pada akhirnya meraih juara dunia MotoGP 2020.  Congrats buat Suzuki. BB1

Klasemen MotoGP 2020 (Poin Joan Mir Tidak Terkejar Lagi) :

Facebook Comments

You May Also Like