Rahasia Underbone 116 cc FBRT, Jawara Road Race 2019 Kebumen (10 Feb)

BeritaBalap.com-Pebalap FBRT AR Trans CLD Stroke SS BBS RBT 34, Azi Zihad sukses meraih podium pertama alias juara kelas Bebek 2 Tak Tune-up 116 cc Open Underbone di kejuaraan Open Road Race Piala Bupati Kebumen, Minggu kemarin (10 Februari).

BACA (JUGA) : Hasil Juara Bupati Cup Road Race 2019 Kebumen, Jateng (10 Februari)

Sebetulnya, dari timing-system milik MBG Timing System, pebalap asal Tasikmalaya tersebut tertinggal 1 koma sekian detik dari Sakti Andre yang memimpin balapan dari awal lap. Namun nasib berkata lain dimana pada lap terakhir Sakti Andre mengalami insiden knalpot yang patah. Itu pada jarak 150 hingga 200 meter jelang garis finish.

Karburator Keihin PWK28 diklaim lebih optimal mensuplai bahan bakar dan udara

Diinvestigasi lebih jauh, ada dua hal yang menurut penuturan mekanik Oyen yang menjadi kunci keberhasilan Azi Zihad. Maksudnya sehubungan wilayah teknis dari pacuan berbasic Yamaha F1ZR. Apa ya ? Yang pertama, adalah penggunaan karbu Keihin PWK 28 dengan kombinasi main jet 148 dan pilot jet 45.

Katanya jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih meningkat. Gas aktif yang siap dibakar dalam langkah kompresi menjadi lebih padat. Alhasil, tenaga motor menjadi lebih berisi. Ngacir dalam berbagai tingkatan percepatan.

Tekanan bahan bakar juga dibantu kinerja reed valve V-Force 3. Makin lancar terkendali. Ini juga yang termasuk bagian penolong. Maksudnya, bukan menolong kasih duit ya, tetapi membantu kompresi primer ala 2-tak agar padat merayap sampai ke ruang bakar

Yang kedua, penggunaan perbandingan rasio Moto1. Secara hitung-hitungan, rasio 1 nya (13/34), kemudian rasio 2 (16/29), kemudian rasio 3 (18/25) dan 4 (20/23). Sehubungan dengan final gear sebagai perangkat akhir yang mentransfer tenaga ke ban, maka diaplikasi gir bagian depan ukuran 13 dan belakangnya 46. Itu efektif sesuai pengakuan pembalap.

Kemudian, guna menaklukkan sirkuit non permanen alun-alun Kebumen, Jateng yang mana pada bagian tertentu memerlukan power yang kuat, maka perbandingan kompresi dipatok 11 : 2 dengan tinggi dome piston 2 mm. Kalau pistonnya Oversize 100 dengan dukungan magnet milik SE Yamaha YZ 85. D 14 N

Facebook Comments

You May Also Like