Rossi Kritik Dorna Soal Kalender Balap, Problem Cuaca Pada 2 Seri Berikut Ini

BeritaBalap.com-Valentino Rossi pastinya sebagai rider senior di balap MotoGP. Tahu dan mengalami berbagai perubahan kalender balap. Nah, konteks ini yang kemudian menjadi perhatiaannya. Ada 2 seri yang menurutnya wajib digeser tanggalnya oleh pihak Dorna sebagai promotor penyelenggara.

Ini kritik Rossi yang berhubungan dengan cuaca. Dalam hal ini, The Doctor juga memberikan solusi. Tidak sekedar kritik ya. “Menurut saya, balapan Valencia pada pertengahan November bukanlah ide yang baik, “tegas Rossi.

Memang dalam 2 musim terakhir, kondisi di Valencia tidak oke. Cuaca yang ekstrim karena masuk musim dingin. Namun memang VR46 menganggap ada kepentingan Dorna yang notabene bosnya, Carmelo Ezpeleta adalah orang Spanyol.

BACA (JUGA) : Dipensiunkan MotoGP, Karel Abraham Pindah Balap Superbike (2020) ? Ini Jawabannya

“Tetapi penyelenggara adalah orang Spanyol dan sangat tertarik untuk berakhir di Spanyol. Saya curiga inilah alasan penunjukan. Jika ini tidak benar, akan lebih baik untuk tidak menjalankan balapan terakhir di Eropa, tetapi di tempat yang lebih panas, “tambah Rossi.

Oh ya, sekilas informasi saja, pada awalnya Valencia itu di bulan September (1999) hingga kemudian berubah seiring waktu dimana ada penambahan putaran MotoGP.

“Dalam 2 tahun terakhir, kami mengalami musim dingin. Tahun lalu turun hujan dari Kamis hingga Minggu, pada malam suhunya 5 derajat. Mungkin akan lebih oke balapan di Valencia sebelum tiga balapan di luar (Asia) dan mungkin serinya berakhir di Sepang yang suhunya 40 derajat. Tetapi Dorna yang  memutuskan, “tukas Rossi.

Disamping itu, juara dunia 9 kali tersebut menyebut juga bahwaputaran di Phillip Island, Australia harus diperhatikan lebih lanjut. Tahun ini turun hujan dan angin yang relatif kencang hingga kualifikasi dibatalkan dan ditunda Minggu pagi. Penundaan ini juga menimbulkan kontroversi.
“Masalah lainnya adalah Phillip Island, mereka harus memindahkan balapan ke awal tahun saja. Kami sudah membicarakannya selama 6 atau 7 tahun, tetapi sayangnya belum ada yang dilakukan sejauh ini, “tambah Rossi. Faktanya memang tidak berubah untuk seri Australia karena mungkin Dorna mendapat banyak tekanan dari pihak tuan-rumah lainnya. BB1
Facebook Comments

You May Also Like