Rossi Sebut Balap WorldSSP300 Itu Lebih Bahaya Daripada Moto3, Pesertanya Hingga 42 Rider

BeritaBalap.com-Valentino Rossi ikut berkomentar sehubungan kecelakaan serius yang terjadi dalam balap WorldSSP300 yang menimpa Dean Berta Vinales hingga meninggal dunia dalam race awal di Jerez, Sabtu (25/9).

BACA (JUGA) : Bisakah Bagnaia Patahkan Dominasi Spanyol (7 Kali Juara) Di MotoGP Austin Sejak Pertama 2013 ?

Pembalap tim Monster Energy Yamaha yang sudah 9 kali meraih juara dunia tersebut menyebut bahwa WorldSSP300 itu justru lebih bahaya daripada balap Moto3 walaupun kalah speed.

Disebut bahaya karena jumlah pesertanya yang jauh lebih banyak. Pada sisi lain, power motor yang hampir sama dibarengi kecenderungan pembalap saat ini yang lebih agresif.

BACA (JUGA) : Rossi Balapan Wildcard Diatas Ducati Tahun Depan ? Ini Jawaban VR46

“Balap Supersport 300 adalah kategori yang bahkan lebih ekstrim daripada Moto3, ada 42 motor di trek melawan 30 motor di Moto3. Ada terlalu banyak motor dan ini meningkatkan risiko kecelakaan dengan dinamika pembalap yang jatuh dan kemudian tertabrak”.

“Mereka adalah motor dengan berat 150 kg atau kurang 7 kg dari MotoGP saja tetapi mereka tidak terlalu cepat. Ada 42  motor dan seringkali semuanya tetap bersamaan, oleh karena itu ada risiko kecelakaan yang sangat besar, ”tutur Valentino Rossi.

“Tentu saja, jika ada lebih sedikit pembalap di trek, itu akan kurang berbahaya. Dalam beberapa tahun terakhir agresivitas pembalap meningkat pesat, saya pikir itu masalah terbesar dan bukan usia muda”.

“Orang-orang ini harus belajar dengan aturan yang lebih ketat untuk tidak melakukan hal-hal berbahaya dan di atas segalanya untuk menghormati lawan, sesuatu yang lebih penting daripada posisi yang dimenangkan atau hasil yang baik, pesan itu harus tersampaikan, “tambah Valentino Rossi.  BB1

Facebook Comments

You May Also Like