Salad Box Ducati Akhirnya Terungkap, Apa Isinya? Tonton Videonya

BeritaBalap.com – Teori tentang salad box Ducati sangat bervariasi. Dari yang paling sederhana yakni sebagai lokasi penyimpanan untuk elektronik, hingga yang paling eksotis yakni sebuah system bernama KERS (Kinetic Energy Recovery Systems) seperti pada F1.

Bahkan ada teori yang menyebutkan bahwa salad box Ducati adalah sebuah exhaust variable geometri yang akan mengacak aliran aerodinamika di bagian belakang motor, sehingga lawan sulit melewati Ducati.

BACA (JUGA) : Tim Dan Pabrikan Lakukan Meeting Penting, Soal Apa?

koizumi

Namun semua teori itu bisa dipastikan melenceng dari sifat asli salad box sebenarnya. Sebab kotak hitam ini telah menyebabkan banyak prediksi.

Penamaan salad box itu diberi oleh test rider Ducati yakni Michele Pirro, “Kotak itu untuk menaruh roti sandwich,” kekehnya saat itu.

BACA (JUGA) : Ribut Yamaha Vs Ducati Soal Pengurangan Jumlah Motor, Yamaha Tidak Setuju !

Setelah bertahun-tahun diamati Jack Miller dan Danilo Petrucci sempat berujar bahwa di dalam salad box tersebut bersembunyi sebuah perangkat yang terhubung dengan elektronik dalam hal ini untuk menciptakan kestabilan Ducati agar mudah dibelokan dan juga mengurangi vibrasi.

Ducati pernah menggunakan mass damper konvensional untuk menghilangkan vibrasi dan memudahkan saat menikung

Dalam hal ini dipastikan bahwa salad box tersebut adalah mass damper atau peredam getaran. Namun bukan versi konvensional, melainkan damper elektronik.

Seperti pernah diungkapkan Cal Crutchlow saat di Ducati bahwa motor tersebut diibaratkan seperti buldozer yang sedang lewat, “Getarannya cukup terasa,” begitu jelasnya.

BACA (JUGA) : IRTA Kirim Email Ke Semua Tim MotoGP, Isinya ? MotoGP Mau Digelar ?

Untuk itulah, Ducati mencari banyak solusi untuk menghilangkan vibrasi sekaligus memudahkan untuk berbelok. Sehingga mass damper elektronik itulah solusinya.

Mass damper elektronik ini seperti alat gyroscopis namun diletakan di ujung motor. Sengaja ditaruh jauh di ujung motor untuk mengendalikan moment inertia yang berlebihan. Kian jauh dari titik tumpu, makin besar moment inertianya. Seperti rumus I = M x R² dimana I = moment inertia, M = massa dan I = titik tumpu.

BACA (JUGA) : Marquez, Vinales Dan Quartararo Beruntung, Nilai Kontrak Sebelum Covid-19, Yang Lain ?

Nah, salad box yang bertugas sebagai mass damper milik Ducati bukanlah tipe konvensional. Sistemnya justru menciptakan gyroscopic untuk menghilangkan gaya gyroscopic pada motor.

Bisa jadi bahwa di dalam salad box Ducati terdapat mass damper berputar seperti pada video yang fungsinya untuk menghilangkan gaya gyroscopic ketika Ducati menikung. Jelas tujuannya adalah membuatnya lebih mudah untuk meluruskan motor ketika keluar tikungan.

BACA (JUGA) : Vinales Tegaskan Siap “Tempur”, Balapan Seminggu 2 Kali Ataupun Tiap Minggu !

Hal itu terbukti berkat salad box, manuver Ducati kian tahun makin membaik. Keluhan soal Ducati susah menikung pun sangat berkurang drastis.

Walaupun Ducati sebenarnya masih terus menyembunyikan rahasia salad box, namun analisa yang dilakukan banyak pakar teknikal MotoGP kian mendekati apa yang menjadi kenyataan.

Rahasia pun terungkap. WIC

Facebook Comments

You May Also Like