Sempat Hampir Bangkrut, MV Agusta Nyatakan Resmi Bergabung Moto2 (2019)

BeritaBalap.com-MV Agusta dan tim Forward Racing mengkonfirmasi alias menyatakan secara resmi kerjasama yang dilakukan dalam balap Moto2 tahun depan (2019). Jadi keputusan ini menjawab resmi sehubungan isu atau spekulasi berita selama ini sejak tahun lalu.

Dalam konteks kerjasama ini, pabrikan motor asal Italia tersebut akan menggandeng tim Forward Racing milik Giovanni Cuzari. Mereka akan membangun sasis dengan bekerjasam dengan pabrikan rangka Suter. Pasukan Forward Racing sendiri tahun ini diperkuat Stefano Manzi dan Erik Granado.

Giovanni Cuzari, pemilik tim Forward Racing yang bekerjasama dengan MV Agusta untuk balap Moto2 tahun 2019

“Saya sudah bermimpi bersama dengan Claudio Castiglioni dimana saya memiliki persahabatan yang mendalam, dan sekarang saya bisa memenuhi impian ini dengan putranya, Giovanni. Saya tidak bisa mengungkapkan apa artinya semua ini bagi saya, “ujar Giovanni Cuzari.

koizumi

“Bagi saya, kembali ke olahraga balap adalah kehormatan besar. Moto2 adalah balap dunia yang sangat kompetitif. Agar berhasil dalam lingkungan yang sulit ini, kami harus menggunakan semua kemampuan kami, “tukas Presiden MV Agusta, Giovanni Castiglioni.

Sebetulnya, MV Agusta akan turun balap Moto2 tahun ini (2018). Namun memang Direktur Balap, Andrea Quadranti menundanya karena memang tahun depan akan berganti mesin Triumph. Moto2 musim 2018 ini terakhir dengan mesin Honda. Jika dimulai 2018, maka akan membuang waktu karena harus riset ulang lagi.

Sampai disini, jangan salah persepsi ya. Mesin wajib Triumph (2019) karena mereka yang bayar Dorna. Namun sasis, tampilan dan desain luar sah-sah saja dibranding MV Agusta. Seperti yang dilakukan KTM tahun 2018 ini.

Patut dicatat, mungkin banyak yang belum paham. MV Agusta sempat hampir bangkrut karena hutang yang cukup besar, yaitu 70 juta euro atau sekitar Rp. 1,1 trilyun ditambah penjualan motor yang hanya 9000 unit. Namun berkat investor baru daari Rusia, Black Ocean, maka selamat dari kondisi kebangkrutan.

Bagi yang belu paham juga, di era tahun 1950 hingga 1970-an, adalah saat kejayaan MV Agusta dengan rekor 275 kali kemenangan Grand Prix dan 75 gelar juara dunia. Saat itu, MV Agusta adalah merek motor yang paling sukses dalam balapan. Itu di era John Surtees (1956-1960), Gary Hocking (1961), Mike Hailwood (1962-1965). Giacomo Agostini (1966-1972) dan Phil Read (1973-1974). BB1 

Facebook Comments

You May Also Like