Suzuki Belum Juga Punya Tim Satelit (MotoGP 2019), Soal Duit Apa Motor ?

Beritabalap.com-Menjadi pembahasan menarik bagaimana policy tim Suzuki yang berubah-ubah dalam membangun karakteristik pebalap ataupun upaya untuk menghadirkan tim pelanggan alias tim satelit yang juga mental alias tidak jadi alias batal .

Oh ya, pada akhirnya Suzuki memutuskan untuk menggaet Joan Mir yang notabene berusia 20 tahun dan saat ini konsen di balap Moto2 yang akan digandengkan dengan penghuni lawas, Alex Rins yang juga berumur muda, 23 tahun. Alhasil, Iannone yang sudah 2 kali podium ke-3 ditinggalkan. Cukup sampai akhir 2018.

Sampai disini memang diklaim beraroma kontroversial, termasuk saat melepas Aleix Espargaro (2017). Jangan lupa pula, Suzuki sempat mendekati Johann Zarco (Tech3) tetapi Zarco pilih KTM. Padahal saat 2016, Zarco yang sudah pra kontrak dengan Suzuki justru dilepas dan pilih Alex Rins saja.

koizumi

Pada sisi lain, negosiasi yang sempat dekat dengan Marc VDS untuk dijadikan pasukan satelit juga gagal total. Informasinya,  sudah hampir sukses dengan kontrak 3 tahun (2019-2021). Termasuk adanya kunjungan kepala kru Morbidelli dan kepala kru Tom Luthi ke paddock Suzuki di seri Argentina.

“Kami ingin 2019 nanti punya mesin pabrik untuk Franco Morbidelli, “tutur Michael Bartholemy sebagai manajer tim yang pada akhirnya dipecat oleh Marc van der Starten sebagai owner team. Mereka terlibat konflik serius. Hasil akhirnya, Suzuki tidak jadi punya tim satelit.

Padahal sudah sejak era pertama mesin bakar 4 langkah (2002) tidak memilikinya. Saat Mei 2017 juga pernah berbicara dengan LCR Honda namun tidak terjadi kesepakatan. Padahal, bos Dorna berulang kali menyebutkan bahwa idealnya ada satu tim satelit untuk tim pabrikan. Maksudnya merata.

Tidak seperti sekarang ini dimana pabrikan Ducati punya 3 tim satelit dan Honda ada dua tim satelit. Ada pemikiran bahwa pihak Suzuki Motor Company belum pede dengan Suzuki GSX-RR yang dikembangkan serius sejak 2015 oleh Maverick Vinales dan Aleix Espargaro ataupun penguji Randy De Puniet. Disebut belum konsisten. Percuma buang duit tapi pacuan belum bersaing.

Faktanya memang di era mesin V4, Suzuki tidak benar-benar kompetitif sampai dengan 2011 sebelum mundur untuk mengembangkan konstruksi 4 silinder lurus. Nah, kedepan apakah para jagoan muda seperti Alex Rins dan Joan Mir dapat mengoptimalkan riset Suzuki GSX-RR ? Kita lihat saja perkembangannya hingga kemudian bos-bos SMC tertarik untuk merealisasikan tim satelit. Sampai apan ya ? BB1

Facebook Comments

You May Also Like