Ternyata Satu Kali Balap MotoGP 2018 di Misano, Habiskan Duit Rp. 2,6 Triliun, Ini Detailnya

BeritaBalap.com-Menarik untuk mencermati sebuah studi yang dilakukan oleh pihak Sirkuit Misano atau World Misano Circuit (WMC). Ini sehubungan perputaran duit atau uang dalam sebuah penyelenggaraan MotoGP 2018 Misano. Bahwa total uang yang dikeluarkan sebesar 162 juta euro atau jika dikonversi ke nilai rupiah sebesar Rp. 2.6 triliun.

Demikian yang dilansir dari media asal Italia, Corsedimoto.com. Sampai disini, jangan salah persepsi ya. Itu tidak termasuk perijinan penyelenggaraan dari Dorna. Akan tetapi yang berhubungan dengan akomodasi hotel dan transport, makanan dan minuman, hiburan dan belanja, parkir dan sebagainya.

Nilai signifikan yang diperoleh ialah aktifitas selama 281 hari dengan sewa 710 ribu kamar (profesional dan penonton) dan 90 persen terkonsentrasi di Provinsi Rimini. Sehubungan layanan hotel dan akomodasi menjadi bagian terbesar dalam pengeluaran sebesar 38,6 persen dari keseluruhan.

koizumi

Lanjut yang terbesar ke-2 adalah komsumsi untuk katering dan minuman yang mencapai 42,4 juta euro (26,2 %) atau Rp. 682 milyar. kemudian 22,8 juta euro (14,1 %) atau Rp. 368 milyar untuk hiburan dan belanja. Kalau buat parkirnya (publik dan lokal) mencapai 7,1 juta euro (4,4 %) atau Rp. 114 milyar.

Mantapnya, pengeluaran total 162 juta euro ini diklaim sama dengan 1,9 % dari PDB (Prroduk Domestik Bruto) dari Provinsi Rimini yang 8,7 milyar euro. Alhasil, pagelaran MotoGP itu punya dampak ekonomi tahunan yang luar biasa. Diklaim memberikan kontribusi 38,3 persen dari dampak ekonomi tahunan, sedangkan total untuk balap MotoGP, WSBK, WDW dan Grand Prix Truck mencapai dampak 71,5 persen. BB1

Facebook Comments

You May Also Like